eprintid: 7940 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/79/40 datestamp: 2024-07-11 07:06:36 lastmod: 2024-07-11 07:06:36 status_changed: 2024-07-11 07:06:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Surya Titania, Dinda creators_name: Zaini, Oktori Kiswati creators_name: Andrianto, Nizam creators_NPM: 021119074 creators_NPM: 8856180018 creators_NPM: 0420087405 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Surya Titania, Dinda contributors_name: Zaini, Oktori Kiswati contributors_name: Adrianto, Nizam contributors_NIDN: 021119074 contributors_NIDN: 8856180018 contributors_NIDN: 0420087405 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Efektivitas Iklan Shopee “5.5 Bagi-Bagi Cuan” pada Media Online YouTube (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan). ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: DINDA SURYA TITANIA. 021119074. Efektivitas Iklan Shopee “5.5 Bagi-Bagi Cuan” pada Media Online YouTube (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan). Di bawah bimbingan: OKTORI KISWATI ZAINI dan NIZAM M. ANDRIANTO 2023. Pertumbuhan teknologi yang semakin canggih, menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk melakukan promosi melalui berbagai media online, karena melalui media online sebuah informasi dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Saat ini banyak industri yang menggunakan media online sebagai sarana promosi seperti YouTube. Serta perkembangan ilmu teknologi yang semakin canggih menyebabkan persaingan di dalam dunia bisnis penyedia situs belanja online semakin meningkat. Di Indonesia jumlah pengguna situs belanja online terbilang tinggi. Perusahaan situs belanja online mempunyai strategi yang efektif untuk mempertahankan penggunanya atau konsumennya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas iklan Shopee “5.5 bagi-bagi cuan” pada media online YouTube. Jenis penelitian adalah deskriptif eksploratif, dengan jenis data kualitatif serta sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Metode penarikan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Sampel dalam penelitian jni adalah sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS 25 dan menghitung hasil perolehan untuk EPIC rate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Shopee “5.5 bagi-bagi cuan” pada media online YouTube sudah menunjukkan hasil yang baik berdasarkan pada dimensi Empathy, Persuasion, Impact, Communication sehingga mendapat ulasan positif. Adapun hasil nilai EPIC rate secara keseluruhan yaitu sebesar 3,77 yang berada pada rentang penilaian 3,41 – 4,20 menunjukkan bahwa iklan Shopee “5.5 bagi-bagi cuan” pada media online YouTube berada pada tingkat efektif. Kata Kunci: Efektivitas iklan, media online YouTube, EPIC Model date: 2023-11-27 date_type: published pages: 109 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Surya Titania, Dinda and Zaini, Oktori Kiswati and Andrianto, Nizam (2023) Efektivitas Iklan Shopee “5.5 Bagi-Bagi Cuan” pada Media Online YouTube (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/7940/1/Revisi%20Sidang%20Skripsi%20-%20Dinda%20ST.pdf