%L eprintsunpak7995 %X Revi Mariska, 022119081. Analisis Target Costing Dalam Upaya Peningkatan Laba Perusahaan Pada Toko Intan Bakery. Dibawah bimbingan ibu Dr. Retno Martanti Endah Lestari, SE., MSi., CMA., CAPM dan bapak Dr. Asep Alipudin, SE., M.Ak. Target Costing adalah Strategi pengelolaan biaya perencanaan untuk mengurangi biaya. Metode ini dilakukan dengan cara melakukan value engineering atau penghapusan biaya yang kurang efisiensi. Penelitian ini bertujuan untuk pengelolaan biaya dan peningkatan laba yang ditargetkan perusahaan, sehingga dapat membantu perusahaan dalam perencanaan untuk meningkatan laba. Jenis penelitian adalah deskriptif. Objek penelitian adalah Toko Intan Bakery. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan cara menganalisis proses produksi, menganalisis harga produk dengan pesaing dan mengimplementasi metode target costing. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa usaha toko Intan Bakery dapat meningkatkan laba dengan menerapkan metode target costing. Penerapan metode target costing dilakukan dengan melalui proses rekayasa nilai (value engineering) yang terdiri dari tahapan pembelian telur disatu supplier dan membeli di supplier lain, pembelian kuantitas tepung, gula dan susu kental manis yang lebih murah, serta biaya gaji tenaga kerja langsung. Melalui proses tersebut, perusahaan penghematan biaya sebesar Rp1.895.404.000 yang sebelumnya sebesar Rp2.019.437.100 untuk produksi roti pada toko Intan Bakery setiap hari. Dengan penghematan tersebut, perusahaan mampu untuk mencapai laba penjualan yang diinginkan sebesar 31%, dari sebelumnya yang hanya mampu mendapatkan laba penjualan sebesar 25%. Kata Kunci : Target Costing, Value Engineering, Laba %D 2024 %T Analisis Target Costing Dalam Upaya Peningkatan Laba Perusahaan Pada Toko Intan Bakery %I Universitas Pakuan %A Revi Mariska %A Retno Martanti Endah Lestari %A Asep Alipudin