TY - THES N2 - AFNI WIDYA PRATIWI. 021120001. Pengaruh Promosi Penjualan, Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor Tahun Angkatan 2020-2023)). Di bawah bimbingan: EKA PATRA dan HASRUL. 2024. Pertumbuhan internet dan teknologi yang terus meningkat di Indonesia menghadirkan sistem transaksi perdagangan yang dikenal dengan e-commerce. Shopee hadir sebagai salah satu e-commerce yang paling diminati. Maka dengan hadirnya e-commerce meningkatnya pula impulse buying. Hal ini disebabkan oleh keberadaan berbagai fasilitas dan aplikasi belanja online yang membuat sebagian masyarakat menjadikan kegiatan berbelanja bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan, melainkan sekedar memenuhi kepuasan pribadi dan keinginan sesaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh promosi penjualan dan motivasi belanja hedonis terhadap impulse buying pada konsumen Shopee mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas pakuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan dengan jumlah sebanyak 100 responden dilakukan dengan metode non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisoner. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program IBM SPSS Statictict 26 for windows. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah promosi penjualan didapatkan hasil rata-rata sebesar 79%. Motivasi belanja hedonis hasil rata-rata sebesar 76%. Impulse buying hasil rata-rata sebesar 74%. Hasil uji regresi linear berganda diperoleh nilai koefisien sebesar 0.317 yang berarti promosi penjualan berkontribusi positif terhadap impulse buying pada ecommerce Shopee dan diperoleh nilai koefisien 0.561 yang berarti motivasi belanja hedonis berkontribusi positif terhadap impulse buying pada e-commerce Shopee. Dengan hasil R Square sebesar 0,697 artinya promosi penjualan dan motivasi belanja hedonis berpengaruh sebesar 69,7% terhadap impulse buying dan 30,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Promosi Penjualan, Motivasi Belanja Hedonis, Impulse Buying PB - Universitas Pakuan Y1 - 2024/03/26/ A1 - Widya Pratiwi, Afni A1 - Patra, Eka A1 - Hasrul, Hasrul ID - eprintsunpak8006 AV - public TI - Pengaruh Promosi Penjualan, Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor Tahun Angkatan 2020-2023) EP - 155 UR - http://eprints.unpak.ac.id/8006/ M1 - Skripsi ER -