@unpublished{eprintsunpak8023, author = {Azkia Nabila and Dwi Rini Sovia Firdaus and Muslim Muslim and Yogaprasta Adinugraha}, title = {STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KOTA BOGOR DALAM MENANGANI EKSPLOITASI ANAK SEBAGAI ANAK JALANAN}, school = {Universitas Pakuan}, year = {2023}, month = {January}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/8023/}, abstract = {Ekspolitasi anak adalah pemerasan, pemaksaan, kekerasan dan penyalahgunaan hak anak. Eksploitasi anak ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan atau komersil yang dilakukan oleh orang tua kepada anak, eksploitasi anak salah satu bentuk perampasan hak anak. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bogor. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak sosial, ekonomi, pendidikan dan lingkungan anak jalanan, menganalisis strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam mengatasi kasus eksploitasi anak sebagai anak jalanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumntasi serta triangulasi sumber. Temuan di lapangan bahwa anak jalanan di Pandu Raya termasuk anak jalanan children on the street. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bogor dapat menerapkan strategi komunikasi persuasif walaupun indikator penelitian belum maksimal terhadap penanganan eksploitasi anak sebagai anak jalanan di Kota Bogor. Indikator penelitian yaitu (1) Persuader, (2) Persuadee, (3) Persepsi, (4) Pesan Persuasif, (5) Saluran Persuasif, (6) Umpan Balik dan (7) Efek. Kata Kunci : Anak Jalanan, Eksploitasi Anak, Komunikasi Persuasif} }