eprintid: 8139 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/81/39 datestamp: 2024-09-12 06:44:00 lastmod: 2024-09-12 06:44:00 status_changed: 2024-09-12 06:44:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Efendi, Irsan creators_name: Zaini, Oktori Kiswati creators_name: Hayati, Yetty Husnul creators_NPM: 021113062 creators_NPM: 8856180018 creators_NPM: 0425036301 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Efendi, Irsan contributors_name: Zaini, Oktori Kiswati contributors_name: Hayati, Yetty Husnul contributors_NIDN: 021113062 contributors_NIDN: 8856180018 contributors_NIDN: 0425036301 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Analisis Strategi Pemasaran pada PT.Tirtatama Elpindo ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: Irsan Efendi. 021113062. Analisis Strategi Pemasaran pada PT.Tirtatama Elpindo. Pebimbing Oktori Kiswanti Zaini dan Yetty Husnul Hayati. 2020. Strategi pemasaran dibutuhkan perusahaan untuk meningkatkan penjualan, dan kegiatan operasional perusahaan tersebut tujuan perusahaan akan tercapai, yaitu mendapatkan keuntungan dan meningkatkan pangsa pasarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis Faktor Internal pada PT.Tirtatama Elpindo. (2) Untuk menganalisis Faktor Eksternal pada PT.Tirtatama Elpindo. (3) Untuk mengetahui strategi pemasaran pada PT.Tirtatama Elpindo berdasarkan Faktor Internal dan Eksternal. Penelitian ini dilakukan pada Pt.Tirtatama Elpindo yang berlokasi di Pasir Jambu Jln. Raya Pemda No.1, Kedunghalang, Cibinong, Bogor Utara, Jawa Barat (16158). Metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi di pengumpulan data secara sekunder. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode analisis kualitatif, alat analisis yang dipakai adalah Matriks EFE, Matriks EFE, SWOT dan Matriks SPACE. Berdasarkan hasil EFE bahwa peluang yang harus dikembangkan yaitu kebutuhan permintaan meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan pedagang baru sedangkan ancaman dalam hal ini yaitu adanya teknologi baru yang masuk. Sedangkan untuk hasil SWOT strategi SO yaitu mempertahankan kualitas tabung gas elpiji yang akan dijual serta meningkatkan penjualan atau produksi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan harga sesuai dengan pemerintah. Sedangkan analisis IFE bahwa kekuatan finansial yang besar dari pemilik perusahaan sedangkan kelemahannya yaitu tempat yang kurang memadai, hal ini menjadi permasalahan ketika barang datang,sedangkan faktor eksternal yang dimiliki terdiri dari Faktor Kekuatan Ekonomi, Faktor Kekuatan Sosial, Budaya dan Demografi, Faktor Kekuatan Politik, Pemerintah dan Hukum, Faktor Kekuatan Teknologi, Faktor Lingkungan Industri. Strategi WO yaitu dengan melakukan kerjasama dengan pihak lainnya untuk proses produksi yang efektif dan efisien, melakukan pelatihan kepada SDM agar tetap mampu bersaing dengan kompetitor lainnya, strategi ST yaitu melakukan kerjasama dengan pihak lain agar proses produksi tidak jadi kendala, mempertahankan dengan pelanggan yang baik dengan teknologi yang ada dan Strategi WT yaitu meningkatkan kualitas serta menambah jumlah produk. Kata kunci : Strategi Pemasaran date: 2021-01-16 date_type: published pages: 62 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Efendi, Irsan and Zaini, Oktori Kiswati and Hayati, Yetty Husnul (2021) Analisis Strategi Pemasaran pada PT.Tirtatama Elpindo. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8139/1/Skripsi%20Mamak%20Irsan.pdf