eprintid: 8141 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/81/41 datestamp: 2024-09-12 06:44:08 lastmod: 2024-09-12 06:44:08 status_changed: 2024-09-12 06:44:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Segafi Kurniawan, Muhamad creators_name: Zaini, Oktori Kiswati creators_name: Wihartika, Doni creators_NPM: 021119270 creators_NPM: 8856180018 creators_NPM: 0422048103 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Segafi Kurniawan, Muhamad contributors_name: Zaini, Oktori Kiswati contributors_name: Wihartika, Doni contributors_NIDN: 021119270 contributors_NIDN: 8856180018 contributors_NIDN: 0422048103 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: “Implementasi Business Intelligence Optimalisasi Produk Guna Peningkatan Profitabilitas Melalui Pemanfaatan Sinergitas Departemen Produk Perusahaan The Look Periode 2019-2022”. ispublished: pub subjects: 31 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: Muhamad Segafi Kurniawan. 021119270. “Implementasi Business Intelligence Optimalisasi Produk Guna Peningkatan Profitabilitas Melalui Pemanfaatan Sinergitas Departemen Produk Perusahaan The Look Periode 2019-2022”. Di bawah bimbingan : Oktori Kiswati Zaini dan Doni Wihartika. Penelitian ini membahas implementasi Business Intelligence (BI) untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan The Look melalui sinergi departemen produk. Dalam era big data, kemampuan perusahaan dalam memproses dan menganalisis data menjadi kunci penting dalam mencapai keunggulan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menampilkan informasi data Departemen Produk perusahaan The Look dalam bentuk visualisasi grafik dan diagram yang dapat digunakan sebagai indikator untuk pengambilan keputusan, mengidentifikasi produk yang tidak menghasilkan profitabilitas yang signifikan bagi perusahaan guna optimalisasi biaya produksi, serta mengidentifikasi produk yang sering mengalami pembatalan dan pengembalian untuk memberikan analisis dan rekomendasi kepada perusahaan The Look dalam pengambilan keputusan, melalui implementasi kajian Business Intelligence yang komprehensif dan detail. Selain itu, Penelitian ini menjelaskan langkah-langkah metode pengumpulan dan pengolahan data menggunakan alat seperti Google Colab, Postgree, dan Tableau untuk menghasilkan visualisasi grafik dan diagram yang memberikan indikator dan rekomendasi bagi pengambilan keputusan di perusahaan The Look. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dashboard visualisasi data BI berperan penting dalam penentuan strategi bisnis dan memberikan rekomendasi pengambilan keputusan yang cepat dan akurat. Kata kunci : Business Intelligence. Dashoboard, Google Colab, Postgree, Tableau, The Look. date: 2023-06-26 date_type: published pages: 126 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Segafi Kurniawan, Muhamad and Zaini, Oktori Kiswati and Wihartika, Doni (2023) “Implementasi Business Intelligence Optimalisasi Produk Guna Peningkatan Profitabilitas Melalui Pemanfaatan Sinergitas Departemen Produk Perusahaan The Look Periode 2019-2022”. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8141/1/KASET_IMPLEMENTASI%20BUSINESS%20INTELLIGENCE%20OPTIMALISASI%20PRODUK%20GUNA%20PENINGKATAN%20PROFITABILITAS%20MELALUI%20PE.pdf