eprintid: 8153 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/81/53 datestamp: 2024-09-23 02:13:53 lastmod: 2024-09-23 02:13:53 status_changed: 2024-09-23 02:13:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azzahra, Mufida creators_name: Supriyanto, Joko creators_name: Widyowati, Mutiara Puspa creators_NPM: 022119053 creators_NPM: 0431016501 creators_NPM: 0414109101 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Azzahra, Mufida contributors_name: Supriyanto, Joko contributors_name: Widyowati, Mutiara Puspa contributors_NIDN: 022119053 contributors_NIDN: 0431016501 contributors_NIDN: 0414109101 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Akuntansi title: Analisis Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai Pada Online Marketplace Shopee Tahun 2022 ispublished: pub subjects: 38 subjects: b divisions: sch_med full_text_status: public abstract: MUFIDA AZZAHRA. 022119053. Analisis Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai Pada Online Marketplace Shopee Tahun 2022. dibawah bimbingan, JOKO SUPRIYANTO dan MUTIARA PUSPA WIDYOWATI, 2023. Model transaksi e-commerce adalah melalui marketplace, yaitu lokasi jual beli produk dimana penjual dan konsumen bertemu di suatu website, penjual akan menjual produknya atau barangnya di tempat yang sudah disediakan oleh e-commerce dengan konsep online marketplace, bagaimana pengaluan pendapatan yang dilakukan shopee dalam transaksi dan setiap transaksi yang dilakukan pembeli dan penjual terdapat Pajak Pertambahan Nilai didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa Pajak Pertambahan Nilai yang dibebankan kepada pembeli dan penjual dalam setiap transaksi. Jenis Penelitian yang digunakan kualitatif deskriftif dengan metode studi keperpustakaan. Jenis data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis data deskriftif kualitatif.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil dari penelitian ini, pengakuan Pendapatan shopee diakui menggunakan metode cash basis dimana pendapatan diakui atau dicatat saat kas diterima atau adanya penerimaan uang, pengenaan pajak pertambahan nilai pada transaksi shopee terjadi saat pembeli menerima barang dan menyelesaikan pesanan nya, shopee memungut PPN kepada pembeli yang disebut sebagai biaya layanan sedangkan kepada penjual atau merchant disebut biaya layanan penjual. Kata kunci: Marketplace, E-commerce, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) date: 2023-11-28 date_type: published pages: 73 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Akuntansi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Azzahra, Mufida and Supriyanto, Joko and Widyowati, Mutiara Puspa (2023) Analisis Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai Pada Online Marketplace Shopee Tahun 2022. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8153/1/022119053_Mufida%20Azzahra_Skripsi%20OKEEEE%20%281%29%20y.pdf