<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Utilization Of Digital Marketing Through\r\nSocial Media Instagram And Marketplace Shopee As Promotional Media At Kencana\r\nVillage MSME’s."^^ . "Lailia Alfajriani Rahmawati 021120379. Utilization Of Digital Marketing Through\r\nSocial Media Instagram And Marketplace Shopee As Promotional Media At Kencana\r\nVillage MSME’s. Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan DONI WIHARTIKA.\r\n2024.\r\nUsaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah Kota Bogor yang memiliki\r\npotensi untuk terus dikembangkan dari aspek pemasarannya yaitu Kelurahan Kencana.\r\nPotensi UMKM di Kelurahan Kencana memang beragam dengan banyaknya produk\r\nproduk yang menarik mulai dari makanan, minuman, hiasan gantung, dan lain-lain.\r\nPermasalahan utama UMKM Kelurahan Kencana adalah belum tersedianya platform\r\nsocial media dan marketplace pada sebagian pelaku usaha. Hal ini menjadi suatu\r\npermasalahan yang memiliki dampak kurangnya informasi dan pengenalan UMKM\r\nKelurahan Kencana. Agar keberhasilan dalam meningkatkan jangkauan pasar sesuai\r\ndengan harapan pelaku usaha Kelurahan Kencana maka diusulkan pemanfaatan\r\npemasaran digital pada UMKM Kencana, sehingga dapat bersaing dengan produk\r\nUMKM serupa lainnya dan dapat meningkatkan penjualan serta jangkauan pasar.\r\nTarget luaran yang diharapkan yaitu meningkatkan kompetensi masyarakat atau\r\npelaku usaha Kelurahan Kencana tentang pemasaran digital, pembuatan akun media\r\nsosial Instagram, dan pembuatan akun marketplace Shopee. Tahapan awal\r\npelaksanaan yaitu pengenalan social media instagram sebagai media promosi online\r\nserta marketplace shopee, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan akun media sosial\r\ninstagram @bumisa_kencana sebagai wadah promosi UMKM Kelurahan Kencana.\r\nBerdasarkan hasil kuesioner setelah diadakannya pelatihan di dapat nilai rata-rata dari\r\n17 responden pada media sosial Instagram yaitu 17.78, sedangkan pada marketplace\r\nShopee yaitu 17.38 yang menunjukan responden sangat setuju dengan pelatihan ini\r\nmemberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai media sosial Instagram dan\r\nmarketplace Shopee.\r\nKata kunci: UMKM, Social Media, Marketplace, Digital Marketing."^^ . "2024-07-20" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Program Studi Manajemen, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . . "Fredi"^^ . "Andria"^^ . "Fredi Andria"^^ . . "Lailia"^^ . "Alfajriani Rahmawati"^^ . "Lailia Alfajriani Rahmawati"^^ . . "Doni"^^ . "Wihartika"^^ . "Doni Wihartika"^^ . . "Laila"^^ . "Alfajriani Rahmawati"^^ . "Laila Alfajriani Rahmawati"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Ekonomi dan Bisnis"^^ . . . "Program Studi Manajemen"^^ . . . . . . . "Utilization Of Digital Marketing Through\r\nSocial Media Instagram And Marketplace Shopee As Promotional Media At Kencana\r\nVillage MSME’s. (Text)"^^ . . . "Lailia Alfajriani Rahmawati_021120379_Skripsi MBKM.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8156 \n\nUtilization Of Digital Marketing Through \nSocial Media Instagram And Marketplace Shopee As Promotional Media At Kencana \nVillage MSME’s.\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen pemasaran" . . . "Manajemen" . .