eprintid: 8156 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/81/56 datestamp: 2024-09-23 02:14:50 lastmod: 2024-09-23 02:14:50 status_changed: 2024-09-23 02:14:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Alfajriani Rahmawati, Lailia creators_name: Andria, Fredi creators_name: Wihartika, Doni creators_NPM: 021120379 creators_NPM: 0424087501 creators_NPM: 0422048103 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Alfajriani Rahmawati, Laila contributors_name: Andria, Fredi contributors_name: Wihartika, Doni contributors_NIDN: 021120379 contributors_NIDN: 0424087501 contributors_NIDN: 0422048103 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Utilization Of Digital Marketing Through Social Media Instagram And Marketplace Shopee As Promotional Media At Kencana Village MSME’s. ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: Lailia Alfajriani Rahmawati 021120379. Utilization Of Digital Marketing Through Social Media Instagram And Marketplace Shopee As Promotional Media At Kencana Village MSME’s. Di bawah bimbingan: FREDI ANDRIA dan DONI WIHARTIKA. 2024. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah Kota Bogor yang memiliki potensi untuk terus dikembangkan dari aspek pemasarannya yaitu Kelurahan Kencana. Potensi UMKM di Kelurahan Kencana memang beragam dengan banyaknya produk produk yang menarik mulai dari makanan, minuman, hiasan gantung, dan lain-lain. Permasalahan utama UMKM Kelurahan Kencana adalah belum tersedianya platform social media dan marketplace pada sebagian pelaku usaha. Hal ini menjadi suatu permasalahan yang memiliki dampak kurangnya informasi dan pengenalan UMKM Kelurahan Kencana. Agar keberhasilan dalam meningkatkan jangkauan pasar sesuai dengan harapan pelaku usaha Kelurahan Kencana maka diusulkan pemanfaatan pemasaran digital pada UMKM Kencana, sehingga dapat bersaing dengan produk UMKM serupa lainnya dan dapat meningkatkan penjualan serta jangkauan pasar. Target luaran yang diharapkan yaitu meningkatkan kompetensi masyarakat atau pelaku usaha Kelurahan Kencana tentang pemasaran digital, pembuatan akun media sosial Instagram, dan pembuatan akun marketplace Shopee. Tahapan awal pelaksanaan yaitu pengenalan social media instagram sebagai media promosi online serta marketplace shopee, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan akun media sosial instagram @bumisa_kencana sebagai wadah promosi UMKM Kelurahan Kencana. Berdasarkan hasil kuesioner setelah diadakannya pelatihan di dapat nilai rata-rata dari 17 responden pada media sosial Instagram yaitu 17.78, sedangkan pada marketplace Shopee yaitu 17.38 yang menunjukan responden sangat setuju dengan pelatihan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai media sosial Instagram dan marketplace Shopee. Kata kunci: UMKM, Social Media, Marketplace, Digital Marketing. date: 2024-07-20 date_type: published pages: 87 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Alfajriani Rahmawati, Lailia and Andria, Fredi and Wihartika, Doni (2024) Utilization Of Digital Marketing Through Social Media Instagram And Marketplace Shopee As Promotional Media At Kencana Village MSME’s. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8156/1/Lailia%20Alfajriani%20Rahmawati_021120379_Skripsi%20MBKM.pdf