<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN\r\nDATA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL\r\nDISCOVERY LEARNING\r\nPenelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Peserta\r\nDidik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciluar 2 Kecamatan Bogor Utara\r\nKota Bogor\r\nSemester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021"^^ . "ABSTRAK\r\nDwi Lestiana, 037117039. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Materi\r\nPenyajian Data Melalui Model Problem Based Learning dan Model\r\nDiscovery Learning. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah\r\nDasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2021.\r\nPendekatan penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan\r\nuntuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika materi penyajian\r\ndata melalui model Probelem Based Learning dan Discovery Learning.\r\nPenelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Ciluar 2 Kota Bogor\r\nKelas V A dan V B dengan subjek penelitian berjumlah 62 siswa. Penelitian\r\ndilaksanakan pada bulan April sampai bulan Mei semester genap.\r\nPerhitungan N-Gain model Problem Based Learning sebesar 82 dengan\r\nkriteria tinggi dan N-Gain model Discovery Learning sebesar 61 dengan\r\nkriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model\r\nProblem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol\r\ndengan model Discovery Learning. Peneliti juga melakukan uji normalitas\r\ndengan uji liliefors kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua\r\nsampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,134 ≤ 0,159, pada kelompok kelas Discovery Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,055 ≤ 0,159. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena lebih kecil dari X2tabel, didapatkan nilai Fhitung ≤ Ftabel yaitu 1,34 ≤ 1,84. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 5,1 lebih besar dari ttabel sebesar 2,003 menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa model Problem Based Learning dan Discovery Learning memiliki perbedaan terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data, dengan kata lain bahwa model Probelem Based Learning lebih efektif dibandingkan model Discovery Learning pada pelajaran matematika materi penyajian data.\r\nKata Kunci: Problem Based Learning, Discovery Learning, Hasil Belaja"^^ . "2021-07-21" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PGSD, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Dwi"^^ . "Lestiana"^^ . "Dwi Lestiana"^^ . . ""^^ . "Suhendra"^^ . " Suhendra"^^ . . "Dadang"^^ . "Kurnia"^^ . "Dadang Kurnia"^^ . . . . . . "PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN\r\nDATA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL\r\nDISCOVERY LEARNING\r\nPenelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Peserta\r\nDidik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciluar 2 Kecamatan Bogor Utara\r\nKota Bogor\r\nSemester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 (Text)"^^ . . . "2021PGAS DWI L.pdf"^^ . . "HTML Summary of #816 \n\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN \nDATA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL \nDISCOVERY LEARNING \nPenelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Peserta \nDidik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciluar 2 Kecamatan Bogor Utara \nKota Bogor \nSemester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021\n\n" . "text/html" . .