eprintid: 8170 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/81/70 datestamp: 2024-09-23 04:14:03 lastmod: 2024-09-23 04:14:03 status_changed: 2024-09-23 04:14:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Irpan Iskandar, Ade creators_name: Andria, Fredi creators_name: Salmah, Salmah creators_NPM: 021120256 creators_NPM: 0424087501 creators_NPM: 0414078405 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Irpan Iskandar, Ade contributors_name: Andria, Fredi contributors_name: Salmah, Salmah contributors_NIDN: 021120256 contributors_NIDN: 0424087501 contributors_NIDN: 0414078405 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Penguatan Kemampuan Pemasaran UMKM Kencana Kota Bogor Berbasis Market Orietation and Digital Platform Capability Menggunakan Data Mining ispublished: pub subjects: 34 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: ADE IRPAN ISKANDAR. 021120256. Penguatan Kemampuan Pemasaran UMKM Kencana Kota Bogor Berbasis Market Orietation and Digital Platform Capability Menggunakan Data Mining. FREDI ANDRIA dan SALMAH. 2024. Konsep pemasaran secara digital atau platform digital dan orientasi pasar telah di implementasikan di Indonesia. Begitupun dengan penerapan konsep ini pada skala UMKM, salah satunya Kelurahan Kencana Kota Bogor yang memiliki potensi yang cukup tinggi dengan beragam produk hasil UMKM. Namun terdapat kendala dan tantangan yang berdampak dengan kurang optimalnya kemampuan pemasaran UMKM Kelurahan Kencana, seperti halnya kurangnya pemahaman terkait pemasaran digital, keterbatasan dalam pengembangan SDM, pemetaan target pasar yang belum jelas, serta penggunaan teknologi digital yang belum merata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data mining metode clustering menggunakan algoritma K-Means dengan pemrograman Orange, dan analisis kualitatif NVivo. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengidentifikasi bentuk dan Optimalisasi penggunaan platform digital yang digunakan oleh UMKM Kelurahan Kencana (2) Untuk menganalisis orientasi pasar yang berhubungan dengan segmentasi, target, dan posisi UMKM kelurahan Kencana (3) Untuk menganalisis dan menguraikan strategi penguatan pemasaran melalui orientasi pasar dan digital platform pada sektor UMKM kelurahan Kencana. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Hasil penelitian dengan metode clustering menunjukkan bahwa terdapat tiga klaster berdasarkan kemiripan data baik dalam optimalisasi penggunaan platform digital maupun strategi orientasi pasar UMKM; serta hasil analisis kualitatif NVivo didapatkan bahwa dari berbagai potensi dan kendala yang ada, maka strategi dalam penguatan kapasitas pemasaran UMKM kencana ialah dengan pemantapan konsep dasar strategi segmenting, targeting, dan positioning, pengoptimalan platform digital melalui penerapan search engine optimization dan konten marketing, serta memperluas pemakain platform digital ke e-commerce dan diharapkan adanya berbagai pihak yang terlibat pada pengembangan UMKM Kelurahan Kencana. Kata Kunci : Strategi Penguatan Kapasitas Pemasaran, Orientasi Pasar, Platform Digital date: 2024-06-20 date_type: published pages: 110 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Irpan Iskandar, Ade and Andria, Fredi and Salmah, Salmah (2024) Penguatan Kemampuan Pemasaran UMKM Kencana Kota Bogor Berbasis Market Orietation and Digital Platform Capability Menggunakan Data Mining. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8170/1/SKRIPSI-ADE%20IRPAN%20ISKANDAR%20FIX.pdf