%T OPTIMASI PENJADWALAN MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN METODE INTEGER LINEAR PROGRAMMING (STUDI KASUS : SMA – AL – HIKMAH %L eprintsunpak8189 %D 2024 %X Abstrak: Penjadwalan mata pelajaran harus dilakukan dengan cara yang optimal karena merupakan hal yang sangat penting dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar. Penjadwalan mata pelajaran di SMA Al-Hikmah saat ini dibuat secara manual oleh kurikulum, cara ini akan kurang optimal, dikarenakan membutuhkan waktu yang cukup lama, akibatnya terjadi jadwal mata pelajaran yang bentrok antara satu sama lain. Penjadwalan secara manual sulit dilakukan karena harus memenuhi semua kendala terkait peraturan SMA Al-Hikmah. Oleh karena itu, dibutuhkan penjadwalan mata Pelajaran yang baik agar semua kendala dapat terpenuhi, dalam hal ini metode Integer Linear Programming (ILP) dapat dijadikan solusi atas masalah penjadwalan mata pelajaran. Metode Integer Linear Programming digunakan dalam masalah optimasi dengan banyak tujuan. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu menyusun dan memperoleh penjadwalan mata pelajaran yang optimal dengan meminimumkan total bobot mata pelajaran dengan menggunakan metode Integer Linear Programming. Permasalahan penjadwalan mata pelajaran di SMA Al-Hikmah ini berkaitan dengan guru, mata pelajaran, hari, kelas, dan sesi waktu. Penjadwalan mata pelajaran ini diselesaikan dengan menggunakan metode Integer Linear Programming dan dibantu software Lingo 11.0. Hasil penjadwalan mata pelajaran yang diperoleh dengan menggunakan metode Integer Linear Programming lebih optimal dibandingkan penjadwalan yang dibuat secara manual karena telah memenuhi semua kendala atau aturan yang ada di SMA Al-Hikmah dengan meminimumkan total bobot mata pelajaran, sehingga didapatkan penjadwalan mata pelajaran yang lebih baik. Kata Kunci: Penjadwalan Mata Pelajaran, Bobot, Integer Linear Programmin %I Universitas Pakuan %A Zulvan Mahrijal %A Amar Sumarsa %A Maya Widyastiti