%0 Thesis %9 Skripsi %A Baskoro, Wahyu %A Karlitasari, Lita %A Kurnia, Ema %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, %A Program Studi Ilmu Komputer, %B Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %D 2024 %F eprintsunpak:8191 %I Universitas Pakuan %P 13 %T SISTEM ANALISIS MARKET BASED PADA TRANSAKSI PENJUALAN TOKO KELONTONG MENGGUNAKAN ALGORITMA HASH BASED %U http://eprints.unpak.ac.id/8191/ %X SISTEM ANALISIS MARKET BASED PADA TRANSAKSI PENJUALAN TOKO KELONTONG MENGGUNAKAN ALGORITMA HASH BASED Wahyu Andi Baskoro1 , Lita Karlitasari2 , Ema Kurnia3 1,2,3 Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan, Bogor, Jawa Barat, 16143, Indonesia Abstrak Penelitian ini merujuk pada Sembako, singkatan dari sembilan bahan pokok, adalah kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia yang sering dijual di toko kelontong. Banyak toko kelontong mencatat data transaksi tetapi tidak menganalisisnya lebih lanjut, sehingga tidak memanfaatkan potensi data untuk membaca pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan metode data mining, khususnya Association Rule menggunakan Algoritma Hash Based. Algoritma ini membantu menemukan pola pembelian atau asosiasi antara item dalam dataset. Implementasi algoritma ini dalam penelitian menunjukkan asosiasi antara produk seperti Gulaku, Lumbu, Frisian Flag, dan Gedong dengan nilai support 20% dan confidence 15%, serta nilai hash 171. Hasil ini menunjukkan kecenderungan pelanggan membeli produk-produk tersebut secara bersamaan. Metodologi penelitian merujuk pada metode Software Development Life Cycle (SDLC), mencakup perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, dan maintenance. Hasil analisis dapat digunakan untuk strategi pemasaran yang lebih efektif, seperti penempatan produk yang strategis untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu toko kelontong dalam mengoptimalkan strategi pemasaran dan pengelolaan stok barang secara lebih efisien. . Kata kunci: Algoritma Hash based, Data Penjualan, Toko Kelontong, Strategi Pemasaran