<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH LITERASI MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nSUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM\r\nDI INDONESIA\r\nPenelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas IV\r\nSekolah Dasar Negeri Sukamakmur 03 Kabupaten Bogor\r\nSemester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021"^^ . "ABSTRAK\r\nErliana Juwita Nurafifah. 037117026. Pengaruh Literasi Membaca\r\nTerhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Sumber Daya Alam di\r\nIndonesia. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.\r\nFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2021.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode studi kausal\r\npada literasi membaca sebagai variabel bebas dan hasil belajar subtema\r\npelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia sebagai variabel\r\nterikat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara literasi\r\nmembaca terhadap hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber\r\ndaya alm di Indonesia. Subjek penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB\r\nSekolah Dasar Negeri 03 Sukamakmur Tahun Pelajaran 2020/2021 yang\r\nberjumlah 76 peserta didik dengan sampel 43 responden. Data penelitian\r\nini diperoleh dengan menggunakan kuisioner angket skala likert untuk\r\nvariabel literasi membaca dan soal tes untuk variabel hasil belajar subtema\r\npelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Hasil penelitian\r\nmenunjukkan bahwa literasi terdapat pengaruh yang positif antara literasi\r\nmembaca dan hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber daya\r\nalam di Indonesia. Hal ini terlihat dari pengujian korelasi sederhana sebesar\r\n0,46 yang dikategorikan sedang, dengan koefisen determinasi 21,16%.\r\nPengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik analisis regresi\r\nlinear sederhana dengan Ŷ = 26.3+ 0,44(x) yang artinya setiap peningkatan\r\nsatu unit literasi membaca maka akan meningkat hasil belajar sebesar 0,44\r\nunit. Serta hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha\r\nditerima karena thitung 3,309>ttabel 2,020. Dengan ini dapat disimpulkan\r\nbahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi\r\nmembaca terhadap hasil belajar subtema pelestarian sumber daya alam di\r\nIndonesia pada kelas IV SDN Sukamakmur 03 Kabupaten Bogor Tahun\r\nPelajaran 2020/2021.\r\nKata Kunci : Literasi Membaca, Hasil Belajar Subtema Pelestarian\r\nKekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia"^^ . "2021-06-28" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PGSD, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Sandi"^^ . "Budiana"^^ . "Sandi Budiana"^^ . . ""^^ . "Santa"^^ . " Santa"^^ . . "Erliana Juwita"^^ . "Nurafifah"^^ . "Erliana Juwita Nurafifah"^^ . . . . . . "PENGARUH LITERASI MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR\r\nSUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM\r\nDI INDONESIA\r\nPenelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas IV\r\nSekolah Dasar Negeri Sukamakmur 03 Kabupaten Bogor\r\nSemester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 (Text)"^^ . . . "2021PGSD ERLIANA J.pdf"^^ . . "HTML Summary of #821 \n\nPENGARUH LITERASI MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR \nSUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM \nDI INDONESIA \nPenelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas IV \nSekolah Dasar Negeri Sukamakmur 03 Kabupaten Bogor \nSemester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021\n\n" . "text/html" . .