<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE THINK TALK WRITE (TTW)\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\n(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-B SMP PGRI Bantargadung\r\nKabupaten Sukabumi Materi Rangka, Otot dan Pesawat Sederhana)"^^ . "RAHAYU JUNIARTI. 036110054. Penerapan Pendekatan Saintifik dan\r\nModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk\r\nMeningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIII di SMP PGRI Bantargadung.\r\nSkripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra.\r\nTriasianingrum Afrikani, S.U dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action\r\nresearch). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa\r\nmateri rangka, otot dan pesawat sederhana. Penelitian dilakukan pada bulan\r\nSeptember-Oktober 2014 di kelas VIII B SMP PGRI Bantargadung Kabupaten\r\nSukabumi tahun akademik 2014/2015 dengan jumlah 37 siswa. Proses penelitian\r\ntindakan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan\r\nyaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Akhir dari\r\nsetiap siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah divalidasi dan diuji\r\nreliabilitasnya. Penelitian ini melibatkan peneliti, observer dan objek yang diteliti.\r\nBerdasarkan hasil refleksi pada tahun sebelumnya didapatkan nilai hasil belajar\r\nIPA siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya sebesar\r\n47,06%. Setelah dilakukan Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model\r\nPembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), nilai tes hasil belajar IPA\r\nsiswa pada siklus 1 mencapai 70,27% dan meningkat menjadi 81,08% pada siklus\r\n2. Antusias siswa pada siklus 1 pertemuan ke-1 mencapai 56,42% dan pada\r\npertemuan ke-2 meningkat menjadi 64,19%. Pada siklus 2 antusias siswa lebih\r\nmeningkat yaitu pada pertemuan ke-1 sebesar 72,30% dan 80,41% pada\r\npertemuan ke-2. Berdasarkan hasil yang dicapai, penelitian ini menghasilkan\r\nkesimpulan bahwa penerapan pendekatan saintifik dan model pembelajaran\r\nkooperatif tipe think talk write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa\r\nkelas VIII SMP PGRI Bantargadung.\r\nKata Kunci : Pendekatan saintifik, Pembelajaran kooperatif, Think Talk Write\r\n (TTW), Hasil belajar."^^ . "2015" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Biologi, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . ""^^ . "Triasianingrum"^^ . " Triasianingrum"^^ . . "Susi"^^ . "Sutjihati"^^ . "Susi Sutjihati"^^ . . "Juniarti"^^ . "Rahayu"^^ . "Juniarti Rahayu"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Biologi"^^ . . . . . . . "PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN\r\nMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE THINK TALK WRITE (TTW)\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA\r\n(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-B SMP PGRI Bantargadung\r\nKabupaten Sukabumi Materi Rangka, Otot dan Pesawat Sederhana) (Text)"^^ . . . "SKRIPSI RAHAYU JUNIARTI 036110054.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8264 \n\nPENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN \nMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \nTIPE THINK TALK WRITE (TTW) \nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA \n(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-B SMP PGRI Bantargadung \nKabupaten Sukabumi Materi Rangka, Otot dan Pesawat Sederhana)\n\n" . "text/html" . .