eprintid: 8264 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/82/64 datestamp: 2024-10-02 04:23:17 lastmod: 2024-10-02 04:23:17 status_changed: 2024-10-02 04:23:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahayu, Juniarti creators_NPM: 036110054 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Triasianingrum, contributors_name: Sutjihati, Susi contributors_NIDN: 0018045502 contributors_NIDN: 0023095804 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-B SMP PGRI Bantargadung Kabupaten Sukabumi Materi Rangka, Otot dan Pesawat Sederhana) ispublished: pub divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: RAHAYU JUNIARTI. 036110054. Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIII di SMP PGRI Bantargadung. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Triasianingrum Afrikani, S.U dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi rangka, otot dan pesawat sederhana. Penelitian dilakukan pada bulan September-Oktober 2014 di kelas VIII B SMP PGRI Bantargadung Kabupaten Sukabumi tahun akademik 2014/2015 dengan jumlah 37 siswa. Proses penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Akhir dari setiap siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Penelitian ini melibatkan peneliti, observer dan objek yang diteliti. Berdasarkan hasil refleksi pada tahun sebelumnya didapatkan nilai hasil belajar IPA siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya sebesar 47,06%. Setelah dilakukan Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), nilai tes hasil belajar IPA siswa pada siklus 1 mencapai 70,27% dan meningkat menjadi 81,08% pada siklus 2. Antusias siswa pada siklus 1 pertemuan ke-1 mencapai 56,42% dan pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 64,19%. Pada siklus 2 antusias siswa lebih meningkat yaitu pada pertemuan ke-1 sebesar 72,30% dan 80,41% pada pertemuan ke-2. Berdasarkan hasil yang dicapai, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan pendekatan saintifik dan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP PGRI Bantargadung. Kata Kunci : Pendekatan saintifik, Pembelajaran kooperatif, Think Talk Write (TTW), Hasil belajar. date: 2015 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Rahayu, Juniarti (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-B SMP PGRI Bantargadung Kabupaten Sukabumi Materi Rangka, Otot dan Pesawat Sederhana). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8264/1/SKRIPSI%20RAHAYU%20JUNIARTI%20036110054.pdf