eprintid: 8269 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/82/69 datestamp: 2024-10-02 04:23:09 lastmod: 2024-10-02 04:23:09 status_changed: 2024-10-02 04:23:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suminar, creators_NPM: 032120004 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Aam, Nurjaman contributors_name: Mukodas, contributors_NIDN: 0016116501 contributors_NIDN: 0414069001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SABAR TANPA BATAS KARYA ADHITYA MULYA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA ispublished: pub divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Suminar. 032120004. Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sabar Tanpa Batas Karya Adhitya Mulya serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. H. Aam Nurjaman, M.Pd. dan Mukodas, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengimplikasikan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Sabar Tanpa Batas karya Adhitya Mulya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Metode kualitatif deskriptif berupa menghasilkan data berupa ucapan, tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati, lalu dideskripsikan sehingga diperoleh data mengenai nilai-nilai pendidikan karakter. Hasil analisis pada penelitian ini yaitu bahwa pada novel Sabar Tanpa Batas Karya Adhitya Mulya nilai pendidikan karakter religius dengan jumlah 9 kutipan memiliki persentase 25%, nilai pendidikan karakter nasionalis 2 kutipan memiliki persentase 6%, nilai pendidikan karakter mandiri 12 kutipan memiliki persentase 33%, nilai pendidikan karakter gotong royong 7 kutipan memiliki persentase 19%, dan nilai pendidikan karakter integritas 6 kutipan memiliki persentase 17%. Dapat disimpulkan bahwa Novel Sabar Tanpa Batas karya Adhitya Mulya mengandung nilai-nilai pendidikan karakter di dalamnya, melalui penggambaran karakter atau tokoh dalam novel tersebut. Memiliki implikasi dan dapat dijadikan bahan ajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah, terutama pada jenjang SMA. Implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA sesuai dengan kurikulum merdeka pelajaran bahasa Indonesia fase f “elemen membaca dan memirsa”, materi unsur intrinsik dan ekstrinsik, capaian pebelajaran yaitu peserta didik mampu mengevalusi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berfikir dari membaca berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) di media cetak dan elektronik, dengan tujuan pembelajaran peserta didik mampu mengidentifikasi akurasi penggambaran karakter (tokoh), alur, serta situasi sosial-kemasyarakatan pada teks cerpen atau novel. date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Suminar (2024) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SABAR TANPA BATAS KARYA ADHITYA MULYA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8269/1/SUMINAR_032120004_%20SKRIPSI%202024%20%28PBSI%20ANGKATAN%202020%29_compressed.pdf