eprintid: 8279 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/82/79 datestamp: 2024-10-02 04:22:42 lastmod: 2024-10-02 04:22:42 status_changed: 2024-10-02 04:22:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUHILMAN, creators_NPM: 032119062 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rosdiana, Rina contributors_name: Talitha, Stella contributors_NIDN: 0017017001 contributors_NIDN: 0417099101 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL FLIPBOOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN SISWA KELAS XI SMAN 4 KOTA BOGOR ispublished: pub divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Suhilman. 032119062. Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook dalam Pembelajaran Membaca Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 4 Kota Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Rina Rosdiana, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd. Research and Development (R&D) merupakan suatu penelitian untuk mengembangkan suatu produk. Adapun produk yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu bahan ajar digital flipbook materi cerpen. Materi cerpen dipilih berdasarkan analisis kebutuhan yang didapatkan melalui wawancara peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk menguji kelayakan dan keefektifan dari bahan ajar digital flipbook materi cerpen dari hasil validasi ahli, hasil pre-test dan post-test, serta respon peserta didik. Sasaran klien pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI-MIPA-1 yang berjumlah 35 siswa. Adapun model pengembangan yang digunakan yaitu model Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Tahapan dari model ini antara lain: potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Berdasarkan uji validasi ahli media diperoleh hasil dengan persentase 90%, uji validasi ahli bahasa diperoleh hasil dengan persentase 91%, dan uji validasi ahli materi diperoleh hasil dengan persentase 97%. Oleh karena itu, bahan ajar digital flipbook materi cerpen dapat dinyatakan sangat layak. Selanjutnya hasil perhitungan N-Gain pre-test dan posttest memperoleh rata-rata N-Gain 80,2%, dan hasil respons peserta didik memperoleh persentase rata-rata 88,8%. Berdasarkan tabel kriteria efektivitas, hasil N-Gain pre- test dan post-test dan hasil respons peserta didik dapat dinyatakan sangat baik. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar digital flipbook sangat layak dan efektif. Kata kunci: penelitian pengembangan, model Borg dan Gall, bahan ajar, flipbook, materi cerpen. date: 2023 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: SUHILMAN (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL FLIPBOOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN SISWA KELAS XI SMAN 4 KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8279/1/SUHILMAN.pdf