%0 Thesis %9 Skripsi %A ROHMAH, SABILA %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, %B PBS. Indonesia %D 2024 %F eprintsunpak:8281 %I Universitas Pakuan %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS TPACK PADA MATERI TEKS BERITA KELAS VII SMP GENERUS MANDIRI BOGOR %U http://eprints.unpak.ac.id/8281/ %X Sabila Rohmah. 032120033. Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis TPACK pada Materi Teks Berita Kelas VII SMP Generus Mandiri Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Rina Rosdiana, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd. Penelitian pengembangan pada media pembelajaran perlu dilakukan sebab semakin berkembangnya pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan yang memasuki pembelajaran abad ke-21. Kebutuhan media pembelajaran video untuk siswa dilakukan dalam memenuhi penerapan teks multimodal. Pengembangan dilakukan melalui rancangan media pembelajaran pada materi teks berita dengan mengacu kerangka kerja TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Tujuan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran video berbasis TPACK pada materi teks berita, produk dinilai kelayakannya oleh validator, lalu di uji keefektifan melalui angket respons guru dan siswa serta uji N-gain. Model ADDIE diterapkan pada penelitian ini dengan tahapan analysis, design, development, implementation, and evaluation. Validasi dilakukan oleh validator ahli melalui instrumen angket yang menilai kelayakan produk. Hasil validasi dari ahli media sebesar 89,5% dengan kriteria “sangat layak”, validasi ahli bahasa memperoleh skor 91,5% dengan kriteria “sangat layak”, dan validasi ahli materi menghasilkan skor 96% kriteria “sangat layak”. Hasil keefektifan produk yang diperoleh melalui angket respons guru dengan skor 100% dan respons siswa sebesar 82%. Pemerolehan uji N-gain terhadap hasil belajar siswa yang didapatkan melalui pre-test dan post-test adalah 0,8 dengan kriteria tinggi dan terjadinya peningkatan terhadap hasil belajar. Peningkatan nilai rata-rata siswa setelah penggunaan media pembelajaran video memiliki tingkat keefektifan dengan kriteria “efektif” sebesar 76,6%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran video berbasis TPACK pada teks berita layak dipakai sebagai salah satu media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar kelas VII di SMP Generus Mandiri Bogor. Kata kunci: media pembelajaran video, model ADDIE, teks berita, TPACK