@phdthesis{eprintsunpak8282, title = {ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA TEKS BERITA ONLINE DETIKNEWS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP}, author = {SAADAH NENG}, school = {Universitas Pakuan}, year = {2024}, abstract = {Neng Saadah, 032120007. Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan pada Teks Berita Online Detiknews serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi. Universitas Pakuan, Bogor. Di bawah bimbingan Rina Rosdiana, M.Pd. dan Roy Efendi, M.Pd. Analisis kesalahan penggunaan ejaan merupakan suatu prosedur untuk memeriksa dan menilai kesalahan penulisan khususnya ejaan pada kata-kata atau frasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan ejaan berupa penggunaan huruf, penulisan kata, dan penggunaan tanda baca. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yang berarti data penelitian yang ditemukan berupa kata-kata dan hasilnya akan dipaparkan secara deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kutipan kalimat yang mengandung kesalahan penggunaan ejaan dalam teks berita online Detiknews dengan rentang waktu bulan Oktober-Desember 2023, dengan jumlah sebanyak 30 berita sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi dengan teknik pencatatan dengan melakukan pengkajian terhadap teks berita online. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Dari hasil penelitian, kesalahan ejaan yang ditemukan sebanyak 95 data. Kesalahan tersebut meliputi penggunaan huruf sebanyak 77, kesalahan penulisan kata sebanyak 13, dan kesalahan penggunaan tanda baca sebanyak 5. Dengan demikian, jumlah kesalahan tersebut dapat disimpulkan bahwa teks berita online Detiknews memiliki banyak kesalahan ejaan khususnya pada kesalahan penggunaan huruf. Pada kesalahan penggunaan huruf meliputi kesalahan penggunaan huruf kapital dan huruf miring. Kemudian pada kesalahan penulisan kata meliputi singkatan, bilangan, gabungan kata, dan bentuk ulang. Lalu kesalahan penggunaan tanda baca terdapat tanda koma. Kajian kesalahan ejaan dapat dijadikan sebagai materi ajar pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Implikasi hasil penelitian pada pembelajaran teks berita di SMP kelas VII termuat dalam kurikulum merdeka pada fase D dalam elemen menulis disesuaikan berdasarkan capaian pembelajaran terkait menentukan dan menulis struktur serta ciri kebahasaan teks berita. Kata kunci: Ejaan, kesalahan ejaan, dan teks berita online}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/8282/} }