eprintid: 8301 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/83/01 datestamp: 2024-10-03 02:46:49 lastmod: 2024-10-03 02:46:49 status_changed: 2024-10-03 02:46:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Regita, Aprillia Amanda creators_NPM: 032118028 contributors_name: Tri, Mahajani contributors_name: Siti, Chodijah contributors_NIDN: 0422026501 contributors_NIDN: 0404098403 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa Dan SAstra Indonesia title: ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PREPOSISI DALAM TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIOMAS KABUPATEN BOGOR ispublished: pub divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: ABSTRAK Regita Aprillia Amanda. 032118028. Analisis Kesalahan Penggunaan Preposisi dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ciomas Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Tri Mahajani, M.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd. Penelitian ini berfokus pada jenis kesalahan dan kesalahan penggunaan preposisi yang terdapat dalam teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1 Ciomas, Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan penggunaan preposisi yang terdapat dalam teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1 Ciomas Kabupaten Bogor dan mendeskripsikan kesalahan penggunaan preposisi teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1 Ciomas Bogor. sesuai dengan objek penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN 1 Ciomas Kabupaten Bogor yang terindikasi adanya kesalahan penggunaan preposisi yang berupa kesalahan kata depan di, ke, pada, dan dari. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deksriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik membaca dan mencatat secara berulang-ulang. Peneliti melakukan beberapa tahap dalam menganalisis data, yaitu mengkaji dan menganalisis data-data yang dipilih lalu diidentifikasi oleh peneliti. Setelah diidentifikasi, selanjutnya data diklasifikasikan sesuai dengan jenis kesalahan penggunaan preposisi dan mendeskripsikan analisis data yang ditemukan dalam teks eksplanasi siswa tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi untuk mengecek keansahan data yang ditemukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian pada teks eksplanasi siswa kelas VIII-9 dan VIII-10 SMPN 1 Ciomas Kabupaten Bogor, ditemukan jumlah temuan data kesalahan penggunaan preposisi sebanyak 93 data. Klasifikasi data kesalahan preposisi di sebanyak 76 data yang dipersentasekan menjadi 82 %, kesalahan preposisi ke sebanyak 15 data yang dipersentasekan menjadi 16 % , kesalahan preposisi pada sebanyak 1 data yang dipersentasekan menjadi 1 %, dan kesalahan preposisi dari sebanyak 1 data yang dipersentasekan menjadi 1 %. Kata kunci: kesalahan berbahasa, Preposisi, dan teks eksplanasi. date: 2022 date_type: published institution: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana official_url: universitas Pakuan citation: Regita, Aprillia Amanda (2022) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PREPOSISI DALAM TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CIOMAS KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8301/1/Regita%20Aprillia%20Amanda.pdf