TY - THES Y1 - 2024/// AV - public A1 - Siti, Maisaroh PB - Universitas Pakuan ID - eprintsunpak8331 UR - http://eprints.unpak.ac.id/8331/ M1 - Skripsi TI - ANALISIS INSTRUMEN EVALUASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN POLISI 1 KOTA BOGOR Penelitian Kualitatif Melalui Pendekatan Deskriptif Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Polisi 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 N2 - Siti Maisaroh, 037120026. Analisis Instrumen Evaluasi Pada Kurikulum Merdeka di SDN Polisi 1 Kota Bogor. Skripsi Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, 2024. ujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis instrumen evaluasi apa saja yang dominan digunakan pada kurikulum merdeka di SDN Polisi 1 Kota Bogor. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru, kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Pengumpulan data menggunakan triangulasi gabungan informasi antara hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian penelitian bahwa instrumen evaluasi pada kurikulum merdeka ini dilakukan sesuai dengan karakteristik kurikulum tersebut adalah pembelajaran yang berpusat kepada siswa dimana penilaian akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Dari sekian banyak teknik instrumen evaluasi, yang dominan digunakan oleh guru di sekolah pada kurikulum merdeka adalah instrumen non-tes yaitu (observasi dan wawancara) karena instrumen tersebut dapat menggambarkan karakter siswa. Kata Kunci: Instrumen Evaluasi, Kurikulum Merdeka ER -