TY - THES Y1 - 2024/06/26/ AV - public A1 - Candra Dewi, Chaerunisa A1 - Hartini, Sri A1 - Yudha, Aditya Prima PB - Universitas Pakuan ID - eprintsunpak8334 UR - http://eprints.unpak.ac.id/8334/ M1 - Skripsi TI - CONSUMER PREFERENCE PRODUK CULINARY OLEH - OLEH LOKAL KOTA BOGOR (Studi Kasus Pada Roti Unyil Venus Di Kota Bogor) EP - 116 N2 - CHAERUNISA CANDRA DEWI 021119010, CONSUMER PREFERENCE PRODUK CULINARY OLEH - OLEH LOKAL KOTA BOGOR (STUDI KASUS PADA ROTI UNYIL VENUS DI KOTA BOGOR), 2024. Pariwisata merupakan sektor jasa berbasis kreatif. Indonesia dengan potensi pariwisata yang kaya harusnya bisa memaksimalkan potensi yang dimilikinya sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat Makanan mencerminkan identitas budaya dan dapat menciptakan batas-batas dalam perbedaan budaya. Kuliner sendiri merupakan identitas budaya yang multikultur secara global. Kuliner Indonesia memiliki jangkauan yang sangat luas, membentang di seluruh kepulauan Nusantara dan mendiami lokasi yang strategis. rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu preferensi konsumen yang membeli Roti Unyil Venus yang disebabkan karena adanya persaingan industri produk kuliner oleh-oleh lokal di kota Bogor, dan bagaimana preferensi konsumen produk oleh lokal di kota Bogor. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis preferensi konsumen produk kuliner lokal kota Bogor yang berstudi kasus pada Roti Unyil Venus Bogor. Jenis Penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif, Metode nonprobability sampling dengan Teknik insidental. Populasi peneltian ini adalah konsumen Roti Unyil Venus. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Statistik Deskriptif Eksploratif dan Uji Lemeshow. Hasil penelitian ini terdapat hasil yang menunjukan bahwa bahwa tanggapan responden dimensi preferensi konsumen berada pada kriteria baik dengan nilai rata-rata sebesar 79,2% atau dapat dibulatkan menjadi 79% artinya indikator preferensi konsumen pada produk kuliner Roti Unyil Venus di Kota Bogor memuaskan para konsumen. Kata Kunci : Preferensi Konsumen, Produk kuliner, Kota Bogor. ER -