@phdthesis{eprintsunpak8356, title = {PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL ANSHOR CIBINONG BOGOR}, author = {Lutfhianti Salwa}, school = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2022}, abstract = {ABSTRAK Salwa Lutfhianti: Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Islam Al Anshor Cibinong Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Pakuan Tahun 2022. Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur. Adapun tujuan peneliti untuk mendeskripsikan penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur dan kendala dalam menulis Teks prosedur. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Islam AL Anshor Cibinong Bogor. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik cluster sampling. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII sebagai Kelas Kontrol. Hipotesis pertama, penggunaan model pembelajaran discovery learning terbukti efektif meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 46 dan posttest 82 diperkuat dengan hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 4,74 menggunakan rumus uji-t diperoleh data bahwa atau signifikan karena nilai lebih besar dari pada {\ensuremath{<}} yaitu 1,99 {\ensuremath{<}} 4,74 {\ensuremath{>}} 2,65 adapun hipotesis kedua terbukti masih adanya kendala dalam menulis teks prosedur yang dominan dialami peserta didik saat menentukan kata penghubung, pelesapan, kata acuan dalam teks prosedur (86\%), menentukan bentuk pasif pada teks prosedur (77\%). Dengan demikian, model pembelajaran discovery learning efektif peningkatan kemampuan menulis teks prosedur. Kata kunci: Kemampuan Menulis, Teks Prosedur, Discovery Learning}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/8356/} }