eprintid: 8356 rev_number: 5 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/83/56 datestamp: 2024-10-06 09:18:57 lastmod: 2024-10-06 09:18:57 status_changed: 2024-10-06 09:18:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Salwa, Lutfhianti creators_NPM: 032118024 contributors_name: Aam, Nurjaman contributors_name: Stella, Talitha contributors_NIDN: 0016116501 contributors_NIDN: 0417099101 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa Dan SAstra Indonesia title: PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL ANSHOR CIBINONG BOGOR ispublished: pub divisions: Pro_pbsi full_text_status: none abstract: ABSTRAK Salwa Lutfhianti: Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Islam Al Anshor Cibinong Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Pakuan Tahun 2022. Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur. Adapun tujuan peneliti untuk mendeskripsikan penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur dan kendala dalam menulis Teks prosedur. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Islam AL Anshor Cibinong Bogor. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik cluster sampling. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII sebagai Kelas Kontrol. Hipotesis pertama, penggunaan model pembelajaran discovery learning terbukti efektif meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 46 dan posttest 82 diperkuat dengan hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 4,74 menggunakan rumus uji-t diperoleh data bahwa atau signifikan karena nilai lebih besar dari pada < yaitu 1,99 < 4,74 > 2,65 adapun hipotesis kedua terbukti masih adanya kendala dalam menulis teks prosedur yang dominan dialami peserta didik saat menentukan kata penghubung, pelesapan, kata acuan dalam teks prosedur (86%), menentukan bentuk pasif pada teks prosedur (77%). Dengan demikian, model pembelajaran discovery learning efektif peningkatan kemampuan menulis teks prosedur. Kata kunci: Kemampuan Menulis, Teks Prosedur, Discovery Learning date: 2022 date_type: published institution: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi official_url: universitas Pakuan citation: Salwa, Lutfhianti (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL ANSHOR CIBINONG BOGOR. Skripsi thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.