<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGGUNAAN MEDIA WALL CHART \r\nDALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS \r\nTEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 \r\nTAJURHALANG KABUPATEN BOGOR"^^ . "ABSTRAK \r\nPuspita Dewi 2022: “Penggunaan media Wall Chart dalam Meningkatkan \r\nKeterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 \r\nTajurhalang Kabupaten Bogor”. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu \r\nPendidikan, Universitas Pakuan. \r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Wall \r\nChart dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas \r\nVIII SMP Negeri 1 Tajurhalang Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam \r\npenelitian ini yaitu eksperimen dengan teknik tes, observasi dan angket. Sampel \r\npenelitian sebanyak 78 siswa, kelas VIII-8 berjumlah 39 siswa kelas eksperimen \r\ndan kelas VIII-9 berjumlah 39 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel \r\ndilakukan dengan Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama terbukti bahwa \r\nmedia Wall Chart dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita. Dapat \r\ndibuktikan dengan diperoleh data (prates) kelas eksperimen nilai rata-rata 56 \r\nkemampuan kurang mampu, sedangkan hasil (pascates) di kelas eksperimen \r\nmengalami peningkatan sangat mampu dengan rata-rata nilai 86. Berdasarkan \r\nhasil perhitungan yang dilakukan dengan membandingkan hasil kedua kelas \r\ndigunakan rumus t-tes, diperoleh data harga Thitung = 5,38 dan d.b = 76, \r\nselanjutnya dilakukan pengetesan satu skor pada nilai “t”. Nilai d.b tidak terdapat \r\ndalam tabel maka dicari d.b yang mendekati, yaitu d.b. 70 dan diperoleh harga \r\nt0,01 = 2,64 dan harga t0,05 = 1,99. Maka, Thitung jauh lebih besar dari pada Ttabel \r\natau harga Thitung signifikan karena nilai Ttabel < Thitung, yaitu 1,99 < 5,38 > 2,64. \r\nHipotesis kedua yaitu kendala yang dialami siswa dalam menulis teks berita. \r\nBerdasarkan hasil angket, sebanyak 39 siswa persentase 10% dikatakan sebagian \r\nkecil mengalami kendala saat menentukan ide atau gagasan, 4 siswa dengan \r\npersentase 10% mengalami kendala saat menentukan judul, 5 siswa dengan \r\npersentase 13% mengalami kendala saat menyusun lead, 9 siswa dengan \r\npersentase 23% mengalami kendala dalam menentukan diksi, 8 siswa dengan \r\npersentase 21% mengalami kendala dalam memahami masalah yang diberi oleh \r\nguru dan 8 siswa dengan persentase 21% mengalami kendala saat memecahkan \r\nmasalah yang diberi. Dengan demikian, penggunaan media Wall Chart dapat \r\nmeningkatkan keterampilan menulis teks berita. \r\nKata Kunci: keterampilan menulis, teks berita, media pembelajaran wall \r\nchart. \r\niii"^^ . "2022" . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Dewi"^^ . "Puspita"^^ . "Dewi Puspita"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa Dan SAstra Indonesia"^^ . . . . . . "HTML Summary of #8357 \n\nPENGGUNAAN MEDIA WALL CHART \nDALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS \nTEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 \nTAJURHALANG KABUPATEN BOGOR\n\n" . "text/html" . .