%T Penembangan Web Pembelajaran Pencemaran Lingkungan Berbasis Inquiry ( WPPLI ) Untuk Meningkatkan Inquiry Skills Dan Literasi Keberlanjutan Siswa %D 2024 %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan web pembelajaran pencemaran lingkungan berbasis inquiry (WPPLI) yang dapat meningkatkan inquiry skills dan literasi keberlanjutan siswa. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan desain ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subyek penelitian saat implementasi WPPLI adalah siswa kelas VII SMP sebanyak 32 orang. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket guru, respon siswa dan pre tes-post tes inquiry skills dan literasi keberlanjutan siswa. Hasil penelitian menunjukkan WPPLI telah dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi masing-masing sebesar 94,02% dan 97,77% dengan kategori sangat layak, nilai CVR 9,9 dan nilai CVI sebesar 0,99 (valid) oleh Guru IPA. Respon siswa saat uji coba penggunaan WPPLI menunjukkan rerata sebesar 81,12% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukan WPPLI dapat meningkatkan inquiry skills dan literasi keberlanjutan siswa dengan rata-rata nilai skor N-gain sebesar 0,76 dan 0,71 dengan kategori tinggi. %L eprintsunpak8483 %I Univ. Pakuan %A Iyan Sopian %A Bibin Rubini %A Indarini Dwi Pursitasari