%0 Thesis %9 Thesis %A Hadiastriani, Yasmine %A Prasetyorini, Prasetyorini %A Rubini, Bibin %B Pascasarjana %D 2024 %F eprintsunpak:8485 %I Univ. Pakuan %T Pengembangan Instrumen Multiple Assessment Berbasis Literasi Sains pada Topik Mahkluk Hidup dan Ekosistem %U http://eprints.unpak.ac.id/8485/ %X Penelitian ini bertujuan menghasilkan dua set intrumen Multiple Assessment berbasis literasi sains pada topik Makhluk Hidup dan Ekosistem sebagai bank soal yang dapat memberikan gambaran komprehensif tentang literasi sains siswa untuk guru. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Validasi instrumen dilakukan secara konten oleh dua orang ahli dan guru untuk menentukan CVR dan CVI, serta secara empiris dilakukan pengujian kepada 100 siswa. Pengujian empiris untuk menentukan validitas dan reliabilitas butir soal. Setiap set instrumen terdiri atas 3 jenis penilaian yaitu penilaian pilihan ganda, uraian, dan kinerja. Jumlah butir soal yang dikembangkan sebanyak 20 butir soal untuk penilaian pilihan ganda, 10 butir soal untuk uraian, dan 8 hingga 10 soal untuk penilaian kinerja. Butir soal berdasarkan konteks Makhluk Hidup dan Ekosistem. Hasil validasi ahli menunjukkan rata rata 99% (sangat sesuai) dengan rata-rata perolehan CVR sebesar 0,92 dan rata-rata perolehan CVI sebesar 0,91 untuk kedua set instrumen. Hasil uji coba menunjukkan asesmen literasi sains yang dikembangkan semuanya valid dengan koefisien reliabilitas berkisar di antara 0,728 hingga 0,777 untuk masing masing penilaian di setiap set Multiple Assessment. Setiap butir soal pada setiap set instrumen memiliki tingkat kesulitan dan daya pembeda yang bervariasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, kedua set instrumen Multiple Assessment berbasis literasi sains pada Topik Makhluk Hidup dan Ekosistem yang dikembangkan adalah valid dan reliabel serta efektif untuk mengukur literasi sains siswa kelas 10 SMA.