TY - THES Y1 - 2024/// AV - public A1 - Wati, Juni Lamria A1 - Muharam, Hari A1 - Purba, Jan Horas V PB - Univ. Pakuan ID - eprintsunpak8496 UR - http://eprints.unpak.ac.id/8496/ M1 - Thesis TI - Peningkatan9 Loyalitas Nasabah melalui Penguatan Digital banking Dan Customer Relationship Management Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening N2 - Penelitian-penelitian yang berkaitan dengan loyalitas nasabah menunjukkan bahwa kepuasan nasabah sangat mempengaruhi loyalitas nasabah baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengungkap secara empirik faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah baik faktor langsung yaitu Digital Banking dan Customer Relationship Management dan faktor tidak langsung yaitu kepuasan nasabah. Penelitian ini dilakukan di Kantor BNI Cabang Cibinong yang terdiri dari Cabang Utama, 4 kantor cabang pembantu dan 2 kantor kas dibawah management KC Cibinong dan menggunakan data kuantitatif (dari kuisioner). Sampel penelitian terdiri dari 125 nasabah emerald BNI KC Cibinong. Analisis SEM digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Digital Banking terhadap Loyalitas Nasabah, 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Customer Relationship Management terhadap loyalitas nasabah, 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah, 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Digital Banking terhadap kepuasan nasabah, 5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Customer Relationship Management terhadap kepuasan nasabah, 6) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Digital Banking terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah dan 7) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Customer Relationship Management terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah. Penelitian ini mengusulkan beberapa rekomendasi indikator kuat yang memiliki konstribusi tinggi terhadap Digital Banking, Customer Relationship Management dan kepuasan nasabah guna meningkatkan loyalitas nasabah. ER -