eprintid: 8512 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/85/12 datestamp: 2024-10-19 04:55:11 lastmod: 2024-10-19 04:55:11 status_changed: 2024-10-19 04:55:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tarisya, Permata Nugraha creators_NPM: 032120027 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Aam, Nurjaman contributors_name: Ruyatul, Hilal contributors_NIDN: 0016116501 contributors_NIDN: 0422119201 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL INTERAKTIF FLIPBOOK MENGGUNAKAN HEYZINE PADA MATERI TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMK BUDINIAH 2 BOGOR ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: none abstract: Tarisya Permata Nugraha 032120027, Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Flipbook Menbabggunakan Heyzine pada Materi Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Budiniah 2 Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. H. Aam Nurjaman, M.Pd dan Ruyatul Hilal, M., M.Pd. Penelitian ini merupakan pengembangan bahan ajar untuk mengembangkan bahan ajar yang bervariatif dan inovatif. Bahan ajar ini berbentuk flipbook pada materi teks biografi yang dapat diakses oleh siswa melalui tautan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perancangan pengembangan, mendeskripsikan kelayakan, dan efektivitas bahan ajar digital interaktif flipbook menggunakan heyzine pada materi teks biografi siswa kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu analyse, design, development, implementation, dan evaluation. Sasaran penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMK Budiniah 2 Bogor berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu uji kelayakan dengan melakukan validasi oleh ahli materi, bahasa dan media serta mengetahui keefektifan dengan cara menyebarkan angket respons siswa dan guru, dan hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar digital interaktif flipbook menggunakan heyzine dinyatakan layak digunakan. Hal tersebut dilihat dari hasil validasi materi mendapatkan persentase sebesar 84%, ahli bahasa 88,4%, dan ahli media sebesar 83,3%. Keefektifan bahan ajar digital interaktif flipbook menggunakan heyzine pada materi teks biografi ditunjukan dari hasil respons guru sebesar 85,3%, siswa sebesar 84% dan hasil pretest mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 49,5 dan posttest sebesar 84,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital interaktif flipbook menggunakan heyzine pada materi teks biografi siswa kelas X SMK Budiniah 2 Bogor ini sangat layak dan efektif digunakan oleh siswa dan guru dalam pembelajaran. Kata kunci: bahan ajar interaktif flipbook, heyzine, teks biografi date: 2024 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Tarisya, Permata Nugraha (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL INTERAKTIF FLIPBOOK MENGGUNAKAN HEYZINE PADA MATERI TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMK BUDINIAH 2 BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.