%I Univ. Pakuan %X Penelitian ini bertujuan menemukan strategi dan cara untuk meningkatkan keinovatifan guru madrasah tsanawiyah negeri melalui penguatan kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan kreativitas guru. Penelitian menggunakan metode path analysis dan analisis SITOREM dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian 178 orang dan sample dihitung menggunakan rumus slovin sebanyak 123 guru sekolah madrasah tsanawiyah negeri. Uji statistik yang dilibatkan dalam penelitian ini diantaranya uji prasayat, uji hipotesis dengan analisis jalur, uji korelasi serta uji koefisien determinasi. Untuk analisis indikator menggunakan analisis SITOREM. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif langsung: (1) kepemimpinan transformasional terhadap keinovatifan guru (βy1=0,262); (2) budaya organisasi terhadap keinovatifan guru (βy2=0,225); (3) kreativitas guru terhadap keinovatifan guru (βy3=0,441); (4) kepemimpinan transformasional terhadap kreativitas guru (βx13=0,534); (5) budaya organisasi terhadap kreativitas guru (βx23=0,399); (6) Terdapat pengaruh positif tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap keinovatifan guru melalui kreativitas guru, nilai Zhitung (6,187); (7) positif tidak langsung budaya organisasi terhadap keinovatifan guru melalui kreativitas guru, nilai Zhitung (6,814). Penelitian ini berkesimpulan bahwa penguatan kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan kreativitas guru dapat meningkatkan keinovatifan guru khususnya di sekolah madrasah tsanawiyah negri Kabupaten Bogor. %A Ahmad Fauzi %A Soewarto Hardhienata %A Iyan Irdiyansyah %D 2024 %L eprintsunpak8556 %T Strategi Penguatan Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Kreativitas Guru dalam Upaya Meningkatkan Keinovatifan Guru (Penelitian Menggunakan Path Analysis dan SITOREM pada Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Bogor)