%I Universitas Pakuan %D 2024 %A Pratiwi Munaji Prita %L eprintsunpak8566 %X Prita Pratiwi Munaji. Analisis Gaya Bahasa Perbandingan dalam Teks Puisi Siswa Kelas X SMK Nuansa Bogor serta Implikasinya pada Pembelajaran di SMA/SMK. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa perbandingan seperti perumpumaan, metafora, personifikasi, depersonifikasi, alegori, antithesis, pleonasme/tautologi, perifrasis, antisipasi/prolepsis, dan koreksi/epanortosis dalam teks puisi siswa kelas X SMK Nuansa Bogor dan untuk mendeskripsikan implikasi analisis gaya bahasa perbandingan dalam teks puisi siswa kelas X SMK Nuansa Bogor untuk siswa kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena jenis datanya uraian. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan puisi dapat berupa kata, frase, maupun kalimat yang mengandung gaya bahasa perbandingan seperti perumpumaan, metafora, personifikasi, depersonifikasi, alegori, antithesis, pleonasme/tautologi, perifrasis, antisipasi/prolepsis, dan koreksi/epanortosis pada teks puisi siswa kelas X SMK Nuansa Bogor. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam 25 teks puisi siswa terdapat 50 temuan gaya bahasa perbandingan yang digunakan antara lain yaitu gaya bahasa perumpumaan, metafora, personifikasi, depersonifikasi, alegori, antithesis, pleonasme/tautologi, perifrasis, antisipasi/prolepsis, dan koreksi/epanortosis. Yang terdiri dari 6 data mengenai gaya bahasa perumpumaan, 4 data mengenai gaya bahasa metafora, 12 data mengenai gaya bahasa personifikasi, 2 data mengenai gaya bahasa depersonifikasi, 7 data mengenai gaya bahasa alegori, 2 data mengenai gaya bahasa antithesis, 2 data mengenai gaya bahasa pleonasme/tautologi, 4 data mengenai gaya bahasa perifrasis, 3 data mengenai gaya bahasa antisipasi/prolepsis, dan 8 data mengenai gaya bahasa koreksi/epanortosis. Gaya bahasa yang dominan dalam puisi siswa kelas X SMK Nuansa Bogor adalah gaya bahasa personifikasi sebanyak 12 data/temuan. Hasil penelitian ini, dapat digunakan oleh guru dapat mengevaluasi pembelajaran puisi yang diberikannya pada siswa. Indikatornya yaitu siswa mampu memahami teori tentang gaya bahasa dan menerapkannya dalam karya puisi. Selain itu, guru dapat menjadikan penelitian ini sebagai model untuk menganalisis gaya bahasa pada puisi karya siswa. Kata Kunci : Gaya bahasa perbandingan, teks puisi. %T Analisis Gaya Bahasa Perbandingan dalam Teks Puisi Siswa Kelas X SMK Nuansa Bogor serta Implikasinya pada Pembelajaran di SMA/SMK