<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Kefektifan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran\r\nMenulis Teks Resensi Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Bogor"^^ . "Intan Widiasari: Kefektifan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran\r\nMenulis Teks Resensi Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Bogor,\r\nProgram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan\r\ndan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media Google Classroom\r\ndalam meningkatkan keterampilan menulis teks resensi pada peserta didik kelas XI\r\nSMA Negeri 1 Ciawi Bogor, serta mengetahui kendala yang dialami peserta didik\r\ndalam menulis teks resensi. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan\r\nmenggunakan teknik tes, angket, observasi. Teknik tes digunakan untuk\r\nmengetahui peningkatan keterampilan menulis teks resensi, menggunakan Google\r\nClassroom. Teknik angket digunakan untuk mengetahui kendala peserta didik\r\ndalam menulis teks resensi. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas\r\nXI SMA Negeri 1 Ciawi Bogor dan sampel kelas XI MIPA 1 (x) XI MIPA 2 (y).\r\nTeknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis\r\npertama terbukti kebenerannya, bahwa penerapan Google Classroom dapat\r\nmeningkatkan keterampilan menulis teks resensi. Hal tersebut dapat dilihat dari\r\npeningkatan keterampilan menulis teks resensi di kelas eksperimen. Hasil prates di\r\nkelas eksperimen diperoleh bahwa peserta didik mempunyai tingkat kemampuan\r\nnilai rata-rata 54,5. Hasil pascates di kelas eksperimen mempunyai tingkat\r\nkemampuan dengan nilai rata-rata 73,45. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan\r\nantara hasil pembelajaran dengan menggunakan Google Classroom. Bukti tersebut\r\ndikuatkan lagi dengan adanya perbedaan yang signifikan antara skor hasil tes kelas\r\neksperimen dengan Google Classroom dan kelas kontrol menggunakan Moodle.\r\nBerdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus ttes, diperoleh harga t₀,₉₉ = 1,67 dan harga t₀,₉₅ = 2,00. Dengan demikian, t-hitung\r\njauh lebih besar dari pada t-tabel atau harga t-hitung signifikan nilai t-tabel<, yaitu\r\n1,67<4,59>2,00. Dengan demikian, Google Classroom dapat meningkatkan\r\nketerampilan menulis teks resensi pada peserta didik..\r\nKata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Resensi, Media Google Classroom."^^ . "2022" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Talitha"^^ . "Stella"^^ . "Talitha Stella"^^ . . "Widiasari"^^ . "Intan"^^ . "Widiasari Intan"^^ . . ""^^ . "Suhendra"^^ . " Suhendra"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Kefektifan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran\r\nMenulis Teks Resensi Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Bogor (Text)"^^ . . . "INTAN WIDIASARI_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8568 \n\nKefektifan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran \nMenulis Teks Resensi Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Bogor\n\n" . "text/html" . .