<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING\r\nDALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA\r\nPADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PGRI 1 CIAWI\r\nKABUPATEN BOGOR"^^ . "Santi Maryani. 032120058. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based\r\nLearning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada\r\nPeserta Didik Kelas VII SMP PGRI 1 Ciawi Kabupaten Bogor. Skripsi.\r\nUniversitas Pakuan. Bogor. Di bawah Bimbingan Wildan Fauzi Mubarock,\r\nM.Pd. dan Siti Chodijah, M.Pd.\r\nModel pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran\r\nyang menuntut peserta didik mandiri dan mampu memecahkan masalah secara\r\nberkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model\r\nProblem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks berita peserta didik\r\nkelas VII SMP PGRI 1 Ciawi serta untuk mengetahui kendala peserta didik dalam\r\nmenulis teks berita melalui model Problem Based Learning. Metode yang\r\ndigunakan yaitu eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes,\r\nangket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VII SMP PGRI 1\r\nCiawi berjumlah 160 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64\r\npeserta didik yaitu kelas VII-E berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen\r\ndan kelas VII-A berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian\r\nini menunjukkan bahwa adanya peningkatan saat menerapkan model Problem\r\nBased Learning. Hal tersebut dilihat dari rata-rata kelas eksperimen pada pretest\r\nadalah 48,43 persentase 48% dan mengalami peningkatan pada nilai posttest\r\nmenjadi 87 persentase 87%. Hasil nilai pretest pada kelas kontrol 41 persentase\r\n41% dan mendapat nilai posttest 80 persentase 80%. Berdasarkan hasil hitung yang\r\ndilakukan dengan melihat perbandingan hasil belajar pada kelas eksperimen dan\r\nkelas kontrol dengan menggunakan rumus t-tes diperoleh ttabel taraf signifikan 1%\r\nsebesar 2,38 serta ttabel taraf signifikan 5% sebesar 1,67. Dengan begitu, thitung lebih\r\nbesar dibandingkan dengan ttabel dan dapat dikatakan signifikan karena ttabel1,67. Terdapat kendala terbesar peserta didik saat pembelajaran\r\nmenulis teks berita menggunakan model Problem Based Learning yang dialami 32\r\npeserta didik pada kelas eksperimen yaitu 13 peserta didik persentase 41% saat\r\nmengembangkan unsur “mengapa”, kendala mengembangkan unsur “bagaimana”\r\nsebanyak 19 peserta didik persentase 59% serta kendala saat menggunakan kaidah\r\nkebahasaan sebanyak 19 peserta didik persentase 59%.\r\nKata Kunci: Model Problem Based Learning, Keterampilan Menulis, Teks\r\nBerita"^^ . "2024" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Chodijah"^^ . "Siti"^^ . "Chodijah Siti"^^ . . "Fauzi Mubarock"^^ . "Wildan"^^ . "Fauzi Mubarock Wildan"^^ . . "MARYANI"^^ . "SANTI"^^ . "MARYANI SANTI"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING\r\nDALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA\r\nPADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PGRI 1 CIAWI\r\nKABUPATEN BOGOR (Text)"^^ . . . "SELESAI SKRIPSI SANTI MARYANI_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8570 \n\nPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING \nDALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA \nPADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PGRI 1 CIAWI \nKABUPATEN BOGOR\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA" . .