%0 Thesis %9 Skripsi %A Fayza, Vinci Adisty %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, %B PBS. Indonesia %D 2024 %F eprintsunpak:8572 %I Universitas Pakuan %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKTIF BERBASIS LIVEWORKSHEETS PADA MATERI ARTIKEL ILMIAH POPULER KELAS VIII SMP PUSPANEGARA KABUPATEN BOGOR %U http://eprints.unpak.ac.id/8572/ %X Fayza Vinci Adisty. 032120025. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Liveworksheets pada Materi Artikel Ilmiah Populer Kelas VIII SMP Puspanegara Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Tri Mahajani, M.Pd. dan Ruyatul Hilal M., M.Pd. Berdasarkan prapenelitian yang telah dilakukan di SMP Puspanegara Kabupaten Bogor, ditemukan bahwa lembar kerja peserta didik yang digunakan masih bersifat konvensional dalam bentuk cetakan kertas, sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang antusias dalam menjawab soal-soal yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun rancangan pengembangan, mendeskripsikan kelayakan serta efektivitas lembar kerja peserta didik interaktif berbasis liveworksheets pada materi artikel ilmiah populer. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implement, dan evaluate. Sasaran penelitian ini adalah kelas VIII-3 dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan uji validasi dan angket. Analisis data dilakukan melalui angket kelayakan dan angket respons. Hasil penelitian dan pengembangan lembar kerja peserta didik interaktif berbasis liveworksheets pada materi artikel ilmiah populer sangat layak digunakan, dengan persentase kelayakan media sebesar 96%, kelayakan bahasa sebesar 100%, dan kelayakan materi sebesar 100%. Keefektifan lembar kerja peserta didik interaktif berbasis liveworksheets pada materi artikel ilmiah populer ditunjukkan dari hasil angket respons guru sebesar 98% dengan kategori sangat efektif dan respons peserta didik sebesar 80% dengan kategori efektif. Dengan demikian, lembar kerja peserta didik interaktif berbasis livewokrsheets pada materi artikel ilmiah populer kelas VIII sangat layak dan efektif digunakan oleh peserta didik maupun guru sebagai media evaluasi pembelajaran. Kata kunci: liveworksheets, lembar kerja peserta didik interaktif, artikel ilmiah populer