@phdthesis{eprintsunpak8578, title = {Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Bogor}, school = {Universitas Pakuan}, author = {Maesaroh Siti}, year = {2018}, abstract = {Siti Maesaroh: Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Bogor serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis teks ulasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Bogor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Hipotesis pertama, yaitu penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Bogor, teruji kebenarannya. Hal ini terlihat dari hasil tes awal (pretest) di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 39, sedangkan hasil tes akhir (posttest) nilai ratarata siswa meningkat menjadi 75. Hasil tes awal (pretest) di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 30, sedangkan hasil tes akhir (posttest) di kelas kontrol setelah diterapkan media audio nilai rata-rata siswa sedikit meningkat menjadi 50. Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai siswa yang lebih baik dengan menggunakan media audiovisual, yaitu nilai rata-rata yang semula 39 menjadi 75. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga t0 = 4,01, harga t095 = 1,67, dan harga t099 = 2,39. Perbandingan t0 dan tt yaitu 1,67{\ensuremath{<}}4,01{\ensuremath{>}}2,39, dengan demikian t0 lebih besar daripada ttabel, artinya penggunaan media audiovisual pada kelas eksperimen dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu kendala yang dialami siswa dalam menulis teks ulasan dengan menggunakan media audiovisual, terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis data angket, siswa terlihat mengalami kendala saat menulis teks ulasan dengan kendala menentukan sinopsis dengan persentase 32\%, kendala juga dialami pada saat menentukan konjungsi dengan persentase 35\%. Selain itu, kendala juga dialami siswa saat pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dengan persentase 32\%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa, meskipun pada saat menulis teks ulasan siswa mengalami kendala. Kata kunci: Menulis, teks ulasan, audiovisual}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/8578/} }