<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan\r\nKeterampilan Menulis Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14\r\nBogor"^^ . "Siti Maesaroh: Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan\r\nKeterampilan Menulis Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14\r\nBogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas\r\nKeguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2018.\r\nTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audiovisual dalam\r\nmeningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri\r\n14 Bogor serta untuk mengetahui kendala siswa dalam menulis teks ulasan. Metode\r\nyang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.Teknik pengumpulan data\r\ndilakukan dengan tes dan nontes. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII\r\nSMP Negeri 14 Bogor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster\r\nrandom sampling. Hipotesis pertama, yaitu penggunaan media audiovisual dapat\r\nmeningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri\r\n14 Bogor, teruji kebenarannya. Hal ini terlihat dari hasil tes awal (pretest) di kelas\r\neksperimen diperoleh nilai rata-rata 39, sedangkan hasil tes akhir (posttest) nilai ratarata siswa meningkat menjadi 75. Hasil tes awal (pretest) di kelas kontrol diperoleh\r\nnilai rata-rata 30, sedangkan hasil tes akhir (posttest) di kelas kontrol setelah\r\nditerapkan media audio nilai rata-rata siswa sedikit meningkat menjadi 50.\r\nBerdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan nilai siswa\r\nyang lebih baik dengan menggunakan media audiovisual, yaitu nilai rata-rata yang\r\nsemula 39 menjadi 75. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean\r\nmenggunakan rumus t-tes, diperoleh harga t0 = 4,01, harga t095 = 1,67, dan harga t099\r\n= 2,39. Perbandingan t0 dan tt yaitu 1,67<4,01>2,39, dengan demikian t0 lebih besar\r\ndaripada ttabel, artinya penggunaan media audiovisual pada kelas eksperimen dapat\r\nmeningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa. Hal tersebut\r\nmenunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua,\r\nyaitu kendala yang dialami siswa dalam menulis teks ulasan dengan menggunakan\r\nmedia audiovisual, terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis data angket,\r\nsiswa terlihat mengalami kendala saat menulis teks ulasan dengan kendala\r\nmenentukan sinopsis dengan persentase 32%, kendala juga dialami pada saat\r\nmenentukan konjungsi dengan persentase 35%. Selain itu, kendala juga dialami siswa\r\nsaat pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dengan persentase 32%.\r\nDengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat\r\nmeningkatkan keterampilan menulis teks ulasan pada siswa, meskipun pada saat\r\nmenulis teks ulasan siswa mengalami kendala.\r\nKata kunci: Menulis, teks ulasan, audiovisual"^^ . "2018" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Chodijah"^^ . "Siti"^^ . "Chodijah Siti"^^ . . "Maesaroh"^^ . "Siti"^^ . "Maesaroh Siti"^^ . . "Nurjaman"^^ . "Aam"^^ . "Nurjaman Aam"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan\r\nKeterampilan Menulis Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14\r\nBogor (Text)"^^ . . . "SKRIPSI SITI MAESAROH 032114109 PBS INDONESIA_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8578 \n\nPenggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan \nKeterampilan Menulis Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 \nBogor\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA" . .