<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penerapan Model Mind Mapping dalam Meningkatkan\r\nKeterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Bogor"^^ . "Dadang Sanusi “Penerapan Model Mind Mapping dalam Meningkatkan\r\nKeterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Bogor”. Program\r\nStudi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,\r\nUniversitas Pakuan, 2018.\r\nPenelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh hasil mengenai peningkatan\r\nkemampuan menulis puisi melalui model Mind Mapping pada siswa kelas VIII SMP\r\nNegeri 7 Bogor. Selain untuk mengetahui peningkatan dalam kemampuan menulis\r\npuisi, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan terhadap aktivitas\r\nsiswa dalam belajar menulis puisi melalui model Mind Mapping. Populasi dalam\r\npenelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bogor, dengan sampel siswa\r\nkelas VIII-7 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-8\r\nyang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam\r\npenelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan nontes\r\n(angket dan observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa\r\nmenulis puisi dengan menggunakan model Mind Mapping mengalami peningkatan\r\nteruji kebenarannya dengan melihat hasil awal (prates) pada kelas eksperimen ada\r\npada tingkatan kurang mampu dengan nilai rata-rata 48,18 pada interpretasi kurang\r\nberhasil, sedangkan hasil akhir (postes) di kelas yang sama keterampilan menulis\r\npuisi pada siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 69,24 pada\r\ninterpretasi cukup berhasil. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean\r\ndengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga thitung= 2,40 dan db= 64. Dari db\r\n64 diperoleh harga t0,05= 1,66 dan harga t0,01= 2,38 dengan demikian, thitung jauh lebih\r\nbesar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel< thitung, yaitu\r\n1,66<2,85>2,38. Jadi, hasil analisis menunjukkan dengan penerapan model Mind\r\nMapping merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi,\r\ndengan demikian terlihat bahwa model Mind Mapping dapat digunakan dalam\r\nmenulis puisi. Berdasarkan perhitungan dan analisis data angket dapat diketahui\r\nbahwa kendala siswa saat proses pembelajaran dibagi menjadi dua, yaitu kendala\r\ndalam menentukan unsur fisik puisi dan kendala dalam menerima model\r\npembelajaran yang diberikan saat proses pembelajaran berlangsung.\r\nKata kunci: Keterampilan menulis, puisi, model Mind Mapping"^^ . "2018" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Chodijah"^^ . "Siti"^^ . "Chodijah Siti"^^ . . "Sarimanah"^^ . "Eri"^^ . "Sarimanah Eri"^^ . . "Sanusi"^^ . "Dadang"^^ . "Sanusi Dadang"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Penerapan Model Mind Mapping dalam Meningkatkan\r\nKeterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Bogor (Text)"^^ . . . "SKRIPSI Dadang Sanusi (032114006)_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8579 \n\nPenerapan Model Mind Mapping dalam Meningkatkan \nKeterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Bogor\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA" . .