%I Universitas Pakuan %X Dadang Sanusi “Penerapan Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Bogor”. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2018. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh hasil mengenai peningkatan kemampuan menulis puisi melalui model Mind Mapping pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bogor. Selain untuk mengetahui peningkatan dalam kemampuan menulis puisi, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan terhadap aktivitas siswa dalam belajar menulis puisi melalui model Mind Mapping. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bogor, dengan sampel siswa kelas VIII-7 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-8 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan nontes (angket dan observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis puisi dengan menggunakan model Mind Mapping mengalami peningkatan teruji kebenarannya dengan melihat hasil awal (prates) pada kelas eksperimen ada pada tingkatan kurang mampu dengan nilai rata-rata 48,18 pada interpretasi kurang berhasil, sedangkan hasil akhir (postes) di kelas yang sama keterampilan menulis puisi pada siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 69,24 pada interpretasi cukup berhasil. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga thitung= 2,40 dan db= 64. Dari db 64 diperoleh harga t0,05= 1,66 dan harga t0,01= 2,38 dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel< thitung, yaitu 1,66<2,85>2,38. Jadi, hasil analisis menunjukkan dengan penerapan model Mind Mapping merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi, dengan demikian terlihat bahwa model Mind Mapping dapat digunakan dalam menulis puisi. Berdasarkan perhitungan dan analisis data angket dapat diketahui bahwa kendala siswa saat proses pembelajaran dibagi menjadi dua, yaitu kendala dalam menentukan unsur fisik puisi dan kendala dalam menerima model pembelajaran yang diberikan saat proses pembelajaran berlangsung. Kata kunci: Keterampilan menulis, puisi, model Mind Mapping %A Sanusi Dadang %D 2018 %L eprintsunpak8579 %T Penerapan Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Bogor