%0 Thesis %9 Skripsi %A Gita, Ramadhian %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, %B PBS. Indonesia %D 2018 %F eprintsunpak:8580 %I Universitas Pakuan %T Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Bogor %U http://eprints.unpak.ac.id/8580/ %X Gita Ramadhian :” Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Bogor”, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Tujuan penelitian ini Untuk memperoleh gambaran peningkatan keterampilan menulis pantun melalui penerapan model pembelajaran explicit instruction pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bogor. Untuk memperoleh gambaran kendala apa yang terjadi dalam penerapkan model pembelajaran explicit instruction dalam meningkatkan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan pengamatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu Penggunaan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas VIII SMPN 18 Bogor. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai ratarata 65 dapat diketahui kemampuan siswa cukup dalam menulis pantun, sedangkan hasil postes rata-rata nilai siswa kelas eksperimen dalam menulis pantun meningkat menjadi 85 dengan taraf kemampuan baik sekali. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunkan uji t, diperoleh data harga t0= 3,6 dan d.b.= 62 dengan taraf t dituliskan menjadi 2,42 <3> 2,68 hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu Adanya kendala dalam penggunaan model pembelajaran explicit instruction untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas VIII SMPN 18 Bogor. Hasil angket menunjukan bahwa siswa dalam menulis pantun mengalami kendala saat menuangkan isi gagasan dalam menulis pantun. Sebanyak 26 siswa atau 81%, kendala saat menentukan judul dalam menulis pantun 27 atau 84%, kendala saat membuktikan hipotesis dan menarik kesimpulan berdasarkan penemuan tentang pantun sebanyak 22 atau 68%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun walaupun terdapat kendala selama proses namun tidak berpengaruh besar terhadap peningkatan yang dicapai oleh siswa. Kata Kunci : Kemampuan menulis pantun, Model pembelajaran explicit instruction