<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam\r\nMeningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18\r\nBogor"^^ . "Gita Ramadhian :” Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam\r\nMeningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18\r\nBogor”, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas\r\nKeguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan\r\nTujuan penelitian ini Untuk memperoleh gambaran peningkatan keterampilan\r\nmenulis pantun melalui penerapan model pembelajaran explicit instruction pada\r\nsiswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bogor. Untuk memperoleh gambaran kendala\r\napa yang terjadi dalam penerapkan model pembelajaran explicit instruction dalam\r\nmeningkatkan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18\r\nKota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen.\r\nTeknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan pengamatan.\r\nPopulasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bogor.\r\nSampel penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I\r\nsebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama\r\nyaitu Penggunaan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan\r\nketerampilan menulis pantun pada siswa kelas VIII SMPN 18 Bogor. Hal tersebut\r\ndibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai ratarata 65 dapat diketahui kemampuan siswa cukup dalam menulis pantun, sedangkan\r\nhasil postes rata-rata nilai siswa kelas eksperimen dalam menulis pantun meningkat\r\nmenjadi 85 dengan taraf kemampuan baik sekali. Hasil perbandingan mean kelas\r\neksperimen dan kelas kontrol dengan menggunkan uji t, diperoleh data harga t0= 3,6\r\ndan d.b.= 62 dengan taraf t dituliskan menjadi 2,42 <3> 2,68 hal tersebut menunjukan\r\npeningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu Adanya\r\nkendala dalam penggunaan model pembelajaran explicit instruction untuk\r\nmeningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas VIII SMPN 18 Bogor.\r\nHasil angket menunjukan bahwa siswa dalam menulis pantun mengalami kendala\r\nsaat menuangkan isi gagasan dalam menulis pantun. Sebanyak 26 siswa atau 81%,\r\nkendala saat menentukan judul dalam menulis pantun 27 atau 84%, kendala saat\r\nmembuktikan hipotesis dan menarik kesimpulan berdasarkan penemuan tentang\r\npantun sebanyak 22 atau 68%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran\r\nexplicit instruction dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun walaupun\r\nterdapat kendala selama proses namun tidak berpengaruh besar terhadap peningkatan\r\nyang dicapai oleh siswa.\r\nKata Kunci : Kemampuan menulis pantun, Model pembelajaran explicit instruction"^^ . "2018" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Rosdiana"^^ . "Rina"^^ . "Rosdiana Rina"^^ . . "Nurjaman"^^ . "Aam"^^ . "Nurjaman Aam"^^ . . "Ramadhian"^^ . "Gita"^^ . "Ramadhian Gita"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam\r\nMeningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18\r\nBogor (Text)"^^ . . . "Gita Ramadhian.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8580 \n\nPenerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam \nMeningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 \nBogor\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA" . .