<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penggunaan Multimedia dalam Meningkatkan\r\nKeterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8\r\nKota Bogor"^^ . "Putri Tresna Maulidina: Penggunaan Multimedia dalam Meningkatkan\r\nKeterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8\r\nKota Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas\r\nKeguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2018.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan multimedia dalam\r\nmeningkatkan pembelajaran keterampilan menulis teks cerita sejarah pada siswa\r\nkelas XII SMAN 8 Kota Bogor, dan untuk mengetahui kendala siswa melalui\r\npenggunaan multimedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode\r\neksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan obeservasi.\r\nPopulasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII SMAN 8 Bogor. Teknik\r\npengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam\r\npenelitian yaitu kelas XII IPA-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA-4\r\nsebagai kelas kontrol. Hipotesis pertama yaitu penggunaan multimedia dapat\r\nmeningkatkan pembelajaran keterampilan menulis teks cerita sejarah pada siswa\r\nkelas XII SMAN 8 Bogor, dinyatakan berhasil. Hal ini terlihat dari hasil prates di\r\nkelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 57 dan berada pada\r\ntingkat penguasaan kurang mampu sedangkan, nilai rata-rata postes meningkat\r\nmenjadi 82 dan berada pada tingkat penguasaan mampu. Hasil prates di kelas kontrol\r\nyang memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 52 dan berada pada tingkat penguasaan\r\nkurang mampu, sedangkan nilai rata-rata postes setelah kegiatan pembelajaran\r\nmelalui media audio meningkat menjadi 72 dan berada pada penguasaan cukup\r\nmampu. Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui peningkatan nilai yang baik\r\ndalam kegiatan pembelajaran melalui penggunaan multimedia. Berdasarkan hasil\r\nperhitungan mean menggunakan rumus uji nilai-t, diperoleh harga tₒ= 3,12 dengan\r\nharga t₀₉₅= 1,67, dan harga t₀₉₉= 2,39. Perbandingan nilai hasil uji-t dengan nilai ttabel yaitu 1,67 <3,12> 2,39, dengan demikian nilai uji-t lebih besar dari nilai t-tabel,\r\nmengartikan penggunaan multimedia pada kelas ekperimen dapat meningkatan\r\nketerampilan menulis teks cerita sejarah. Hipotesis kedua yaitu siswa mengalami\r\nkendala dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita sejarah, terbukti\r\nkebenarannya. Kendala terbesar siswa, keraguan siswa saat menulis teks cerita\r\nsejarah dengan persentase 50%, dialami juga kendala kesulitan siswa menuliskan\r\ngagasan yang terbayang dalam otak dengan persentase 53%, dan kesulitan\r\npengoperasian multimedia dengan persentase 23%. Dengan demikian dapat\r\ndisimpulkan, penggunaan multimedia dapat meningkatkan kemampuan menulis teks\r\ncerita sejarah, meskipun pada saat menulis teks cerita sejarah siswa mengalami\r\nkendala.\r\nKata kunci: Keterampilan menulis, teks cerita sejarah, multimedia"^^ . "2018" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Budiana"^^ . "Sandi"^^ . "Budiana Sandi"^^ . . "Tresna Maulidina"^^ . "Putri"^^ . "Tresna Maulidina Putri"^^ . . "Mahajani"^^ . "Tri"^^ . "Mahajani Tri"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Penggunaan Multimedia dalam Meningkatkan\r\nKeterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8\r\nKota Bogor (Text)"^^ . . . "PUTRI TRESNA_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8581 \n\nPenggunaan Multimedia dalam Meningkatkan \nKeterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8 \nKota Bogor\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA" . .