%I Universitas Pakuan %X Putri Tresna Maulidina: Penggunaan Multimedia dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8 Kota Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan multimedia dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis teks cerita sejarah pada siswa kelas XII SMAN 8 Kota Bogor, dan untuk mengetahui kendala siswa melalui penggunaan multimedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan obeservasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII SMAN 8 Bogor. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian yaitu kelas XII IPA-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA-4 sebagai kelas kontrol. Hipotesis pertama yaitu penggunaan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis teks cerita sejarah pada siswa kelas XII SMAN 8 Bogor, dinyatakan berhasil. Hal ini terlihat dari hasil prates di kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 57 dan berada pada tingkat penguasaan kurang mampu sedangkan, nilai rata-rata postes meningkat menjadi 82 dan berada pada tingkat penguasaan mampu. Hasil prates di kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 52 dan berada pada tingkat penguasaan kurang mampu, sedangkan nilai rata-rata postes setelah kegiatan pembelajaran melalui media audio meningkat menjadi 72 dan berada pada penguasaan cukup mampu. Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui peningkatan nilai yang baik dalam kegiatan pembelajaran melalui penggunaan multimedia. Berdasarkan hasil perhitungan mean menggunakan rumus uji nilai-t, diperoleh harga tₒ= 3,12 dengan harga t₀₉₅= 1,67, dan harga t₀₉₉= 2,39. Perbandingan nilai hasil uji-t dengan nilai ttabel yaitu 1,67 <3,12> 2,39, dengan demikian nilai uji-t lebih besar dari nilai t-tabel, mengartikan penggunaan multimedia pada kelas ekperimen dapat meningkatan keterampilan menulis teks cerita sejarah. Hipotesis kedua yaitu siswa mengalami kendala dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita sejarah, terbukti kebenarannya. Kendala terbesar siswa, keraguan siswa saat menulis teks cerita sejarah dengan persentase 50%, dialami juga kendala kesulitan siswa menuliskan gagasan yang terbayang dalam otak dengan persentase 53%, dan kesulitan pengoperasian multimedia dengan persentase 23%. Dengan demikian dapat disimpulkan, penggunaan multimedia dapat meningkatkan kemampuan menulis teks cerita sejarah, meskipun pada saat menulis teks cerita sejarah siswa mengalami kendala. Kata kunci: Keterampilan menulis, teks cerita sejarah, multimedia %A Tresna Maulidina Putri %D 2018 %L eprintsunpak8581 %T Penggunaan Multimedia dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Sejarah Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8 Kota Bogor