eprintid: 8587 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/85/87 datestamp: 2024-10-24 05:00:57 lastmod: 2024-10-24 05:00:57 status_changed: 2024-10-24 05:00:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tamia, Febri Nandini creators_NPM: 032114042 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Tri, Mahajani contributors_name: Sandi, Budiana contributors_NIDN: 0422026501 contributors_NIDN: 0421106801 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: Penerapan Model Inkuiri dalam Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Naskah Drama pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bogor ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Tamia Febri Nandini: Penerapan Model Inkuiri dalam Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Naskah Drama pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model inkuiri dalam meningkatkan keterampilan dan mengetahui kendala yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bogor pada saat menulis teks naskah drama. Siswa yang dijadikan responden penelitian, yaitu kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah responden sebanyak 39 siswa. Selain itu, dilibatkan juga siswa kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah responden sebanyak 39 siswa. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inkuiri, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pertemuan dilaksanakan sebanyak dua kali baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes menulis teks naskah drama, angket, dan observasi. Setelah itu, hasil yang telah diperoleh dijadikan bukti hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas pretes 42,79, sedangkan di kelas postes eksperimen dengan menerapkan model Inkuri mengalami peningkatan dengan jumlah rata-rata nilai 85,42. Hasil pretes diperoleh nilai rata-rata 35,78, sedangkan hasil postes di kelas kontrol setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) nilai rata-rata siswa sedikit meningkat menjadi 60,74. Selain itu, terdapat bukti lain berdasarkan hasil perhitungan uji t, diperoleh data thitung = 3,9 dan db = 76 dan diperoleh harga t00,99 = 2,64 dan t harga t00,95 = 1,99. Dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel < thitung, yaitu 1,99<3,9>2,64. Hasil analisis menunjukan bahwa penggunaan model Inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis teks naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bogor. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dilapangan, terdapat kendala yang dihadapi siswa, yaitu sebanyak 48,7% mengalami kesulitan dalam menentukan judul yang akan ditulis dalam teks naskah drama, sebanyak 12,8% mengalami kesulitan dalam menentukan aspek kebahasaan pada teks naskah drama yang telah disebutkan, sebanyak 25,6% siswa mengalami kendala dalam mengembangkan konflik, sebanyak 23,1% mengalami kesulitan dalam mengurutkan struktur teks naskah drama pada teks yang disusun secara acak, dan 48,7% siswa mengalami kesulitan pada saat menuliskan teks naskah drama dengan jumlah yang telah ditentukan. Kata kunci: keterampilan menulis, teks naskah drama, model inkuiri date: 2018 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PBS. Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Tamia, Febri Nandini (2018) Penerapan Model Inkuiri dalam Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Naskah Drama pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/8587/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20REVISIAN%20%281%29_compressed.pdf