%0 Thesis %9 Skripsi %A Anjar, Rizqan Alwan %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, %B PBS. Indonesia %D 2023 %F eprintsunpak:8590 %I Universitas Pakuan %T Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Aplikasi Powtoon dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bogor %U http://eprints.unpak.ac.id/8590/ %X Anjar Rizqan Alwan. 032119029. Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Aplikasi Powtoon Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Aplikasi Powtoon Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bogor, penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan dengan desain penelitian pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan terbagi ke dalam dua, yaitu tes berupa pretest dan posttest, dan nontes berupa angket. Pengambilan sampel ditentukan dengan secara acak (cluster random sampling). Dari hasil pengambilan sampel diperoleh kelas VII-I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-F sebagai kelas kontrol. dalam penelitian ini terdapat dua hipotesis, hipotesis pertama yaitu penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Aplikasi Powtoon dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada siswa yang dapat diuji kebenarannya. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh. Hasil data yang diperoleh dari perbandingan mean dengan menggunakan rumus uji-t yaitu diperoleh t-hitung sebesar 3,3 sehingga diperoleh hasil yang menunjukkan t₀٫₉₅ (0,05) yaitu 1,67 dan t₀٫₉₉ (0,01) yaitu 2,39. Dengan demikian t-hitung lebih besar dari t- tabel karena nilai t-tabelt-tabel yaitu 1,67<3,3>2,39. Hipotesis kedua dapat diuji kebenarannya, yaitu terdapat kendala pada saat menulis teks deskripsi. Terdapat 18 siswa dengan persentase (58,1%) atau sebagian siswa mengalami kendala dalam menentukan kaidah kebahasaan teks deskripsi. Ada 14 siswa dengan persentase (45,2%) atau hampir separuhnya sisaw memiliki kendala saat menulis kesimpulan atau saran teks deskripsi. Dengan demikian, Media Audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi. Meskipun, siswa masih mengalami kendala. Kata kunci: media audiovisual, aplikasi powtoon, teks deskripsi