eprintid: 860 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/08/60 datestamp: 2022-08-26 13:27:56 lastmod: 2022-08-26 13:27:56 status_changed: 2022-08-26 13:27:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sakinah, Siti Nur creators_name: Badruzzaman, Nedin creators_name: Ghani, Resy A creators_NPM: 037116195 creators_NPM: 8807070018 creators_NPM: 1.0212009583 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Badruzzaman, Nedin contributors_name: Ghani, Resy A contributors_NIDN: 8807070018 contributors_NIDN: 0417088001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidiksn Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Empang 2 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 ispublished: pub divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Siti Nur Sakinah. 037116195. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausalitas, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan uji validitas instrumen variabel kedisiplinan dan kemandirian belajar siswa menggunakan rumus Product Moment Person dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A, V B dan V C, Sekolah Dasar Negeri Empang 2 Kota Bogor yang dilaksanakan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 104 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 51 siswa, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian Kuantitatif ini dilanjutkan dengan menguji pada sampel dengan instrumen yang valid dan reliable. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa, ditujukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien relasi sebesar 3,99 yang berarti pengaruh antara variabel rendah. Harga koefisien persamaan regresi Ŷ=63,08+(0,36X) yang berarti setiap peningkatan satu unit kedisiplinan (X) akan meningkatkan kemandirian belajar siswa (Y) sebesar 0,36 unit.Kontribusi variabelkedisiplinan dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa (r2) sebesar 0,15 dengan koefisien determinasi sebesar 15% dan sisanya 85% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti lingkungan keluarga maupun lingkungan belajar di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa adalah dengan meningkatkan kedisiplinannya.Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Kedisiplinan date: 2021-02-02 institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sakinah, Siti Nur and Badruzzaman, Nedin and Ghani, Resy A (2021) PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Empang 2 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/860/1/2021PGSD%20FITRI%20N.pdf