%0 Thesis %9 Skripsi %A Muhamad, Faiz Nouval %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, %B PBS. Indonesia %D 2023 %F eprintsunpak:8601 %I Universitas Pakuan %T Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMPN 2 Cigombong %U http://eprints.unpak.ac.id/8601/ %X Muhamad Faiz Nouval. 032119063. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMPN 2 Cigombong. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Rina Rosdiana, M.Pd. Pada zaman ini, banyak orang menggunakan aplikasi TikTok mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Aplikasi TikTok tidak hanya digunakan untuk hiburan saja, tetapi aplikasi TikTok dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran. Persoalan yang di alami oleh guru ketika belum menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan efektif yaitu proses pembelajaran terlalu monoton. Selanjutnya, siswa kurang antusias dan berpartisipasi aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran digital yang dapat menunjang proses pembelajaran. Solusi terhadap permasalahan tersebut adalah melalui pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Adapun model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Dari hasil penelitian, produk media pembelajaran yang dihasilkan dinyatakan sangat layak. Pada validasi oleh ahli meteri produk media pembelajaran mendapatkan skor keseluruhan 100%, validasi oleh ahli bahasa mendapatkan skor keseluruhan 98,75%, dan validasi oleh ahli media mendapatkan skor keseluruhan 82%. Selain itu, media pembelajaran juga dinyakatan sangat efektif. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan skor keseluruhan dari respon siswa sebesar 86,1%, serta skor keseluruhan dari respon guru sebesar 97%. Hasil postes siswa juga menunjukkan peningkatan yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok dapat digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran Digital, Teks Prosedur, TikTok