<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi\r\nTikTok Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks\r\nProsedur Siswa Kelas VII SMPN 2 Cigombong"^^ . "Muhamad Faiz Nouval. 032119063. Pengembangan Media Pembelajaran\r\nBerbasis Aplikasi TikTok Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks\r\nProsedur Siswa Kelas VII SMPN 2 Cigombong. Skripsi. Universitas Pakuan.\r\nBogor. Di bawah bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Rina Rosdiana, M.Pd.\r\nPada zaman ini, banyak orang menggunakan aplikasi TikTok mulai dari anak-anak,\r\nremaja, dewasa, hingga orang tua. Aplikasi TikTok tidak hanya digunakan untuk\r\nhiburan saja, tetapi aplikasi TikTok dapat dijadikan sebagai media pembelajaran\r\nuntuk menunjang proses pembelajaran. Persoalan yang di alami oleh guru ketika\r\nbelum menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan efektif yaitu proses\r\npembelajaran terlalu monoton. Selanjutnya, siswa kurang antusias dan\r\nberpartisipasi aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan\r\nuntuk mengembangan media pembelajaran digital yang dapat menunjang proses\r\npembelajaran. Solusi terhadap permasalahan tersebut adalah melalui\r\npengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok. Metode penelitian\r\nini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and\r\ndevelopment). Adapun model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang\r\nterdiri dari lima tahap yaitu Analyze, Desain, Development, Implementation, and\r\nEvaluation). Dari hasil penelitian, produk media pembelajaran yang dihasilkan\r\ndinyatakan sangat layak. Pada validasi oleh ahli meteri produk media pembelajaran\r\nmendapatkan skor keseluruhan 100%, validasi oleh ahli bahasa mendapatkan skor\r\nkeseluruhan 98,75%, dan validasi oleh ahli media mendapatkan skor keseluruhan\r\n82%. Selain itu, media pembelajaran juga dinyakatan sangat efektif. Hal tersebut\r\ndapat dibuktikan dengan skor keseluruhan dari respon siswa sebesar 86,1%, serta\r\nskor keseluruhan dari respon guru sebesar 97%. Hasil postes siswa juga\r\nmenunjukkan peningkatan yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini\r\nberupa media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok dapat digunakan sebagai\r\npenunjang proses pembelajaran.\r\nKata kunci: Media Pembelajaran Digital, Teks Prosedur, TikTok"^^ . "2023" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PBS. Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . "Faiz Nouval"^^ . "Muhamad"^^ . "Faiz Nouval Muhamad"^^ . . "Rosdiana"^^ . "Rina"^^ . "Rosdiana Rina"^^ . . ""^^ . "Suhendra"^^ . " Suhendra"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi\r\nTikTok Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks\r\nProsedur Siswa Kelas VII SMPN 2 Cigombong (Text)"^^ . . . "SKRIPSI_NOUVAL LENGKAP FIX_compressed.pdf"^^ . . "HTML Summary of #8601 \n\nPengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi \nTikTok Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks \nProsedur Siswa Kelas VII SMPN 2 Cigombong\n\n" . "text/html" . .