%0 Thesis %9 Skripsi %A Bagja Tegar, Anugrah %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, %B PBS. Indonesia %D 2023 %F eprintsunpak:8602 %I Universitas Pakuan %T PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT BERBASIS PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA MATERI TEKS EKSPLANASI BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII %U http://eprints.unpak.ac.id/8602/ %X BAGJA TEGAR ANUGRAH. 032119004. Pengembangan Bahan Ajar Handout berbasis Peta Pikiran (Mind Mapping) pada Materi Teks Eksplanasi bagi Peserta Didik Kelas VIII. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah Bimbingan Dr. Suhendra, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar handout berbasis peta pikiran (mind mapping) pada materi teks eksplanasi kelas VIII dan untuk mengetahui kelayakannya dari para validator, guru, dan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Devine, Design, Develop, Dissemination) yang dilaksanakan pada bulan November 2022 sampai dengan Juni 2023. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII di SMP Sejahtera 4 Dramaga, yang berlokasi di Jl. Babakan Dramaga No. 122, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Dalam mengembangkan bahan ajar handout berbasis peta pikiran (mind mapping), peneliti memperhatikan aspek materi, kebahasaan, dan media yang disesuaikan dengan karakteristik dan peserta didik sehingga peneliti berhasil mengembangkan bahan ajar handout ini. Bahan ajar handout ini telah memperoleh skor validasi aspek materi 97,5%, aspek kebahasaan 100%, dan aspek media 100% dengan keseluruhan memenuhi kriteria ‘valid’. Selain itu, diperoleh skor dari respons guru sebesar 95% dan respons peserta didik sebesar 89,4% dengan kriteria ‘sangat baik’. Hasil validasi dan respons tersebut mengartikan bahwa bahan ajar handout berbasis peta pikiran (mind mapping) pada materi teks eksplanasi kelas VIII sangat layak untuk digunakan secara luas. Kata Kunci: Bahan Ajar, Handout, Peta Pikiran