TY - THES TI - Analisis Yuridis Tentang Tugas Camat Bogor Utara Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik UR - http://eprints.unpak.ac.id/8624/ PB - Universitas Pakuan N2 - Kecamatan sebagai penyedia pelayanan publik mempunyai tugas pokok membantu Kabupaten/Kota dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dalam suatu wilayah Kecamatan serta dapat meningkatkan pelayanan publik dalam rangka penyelenggaraan kualitas pelayanan publik pemerintah yang baik (good governance) dalam bentuk pelayanan jasa atau perijinan melalui transparasi dan standarisasi pelayanan. Pelayanan merupakan aspek yang sangat penting dalam sebuah instansi pemerintahan dan menjadi bagian terdepan yang harus diperhatikan dalam menjalin hubungan dengan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yaitu deskriptif analitis dengan jenis penelitian yuridis normatif didukung oleh data empiris, teknik pengumpulan data menggunakan teknik penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research), serta pengolahan data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tugas Camat dalam penyelenggaraan pelayanan publik yaitu melakukan koordinasi terhadap kegiatan administrasi dan pelayanan publik di tingkat kecamatan. Camat mengawasi berbagai unit kerja di kecamatan dan memastikan bahwa pelayanan publik yang diberikan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan yang berlaku. Camat juga bertanggung jawab untuk mengoordinasikan berbagai jenis pelayanan publik yang dilakukan di kecamatan, seperti pembuatan dokumen administrasi, penanganan aduan masyarakat, dan pelaksanaan program-program pemerintah. Camat memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan menyelenggarakan berbagai layanan publik di tingkat kecamatan, termasuk administrasi kependudukan, perizinan, dan pelayanan masyarakat. Camat juga berperan penting dalam menyusun dan melaksanakan program-program yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di wilayahnya. Faktor penghambat dalam pelaksanaan tugas Camat Bogor Utara yaitu keterbatasan sumber daya dalam hal anggaran, personel, dan fasilitas yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pelayanan publik, kurangnya koordinasi antar instansi, minimnya partisipasi masyarakat, dan kurangnya kepatuhan baik dari pihak birokrasi maupun masyarakat. Sebagai upaya penyelesaian dalam faktor penghambat tersebut, dapat dilakukan dengan cara meningkatkan koordinasi antar instansi, mendorong kerjasama yang lebih baik antar berbagai instansi, meningkatkan kemampuan serta profesionalitas staf dalam menyelenggarakan pelayanan publik, serta sosialisasi dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya partisipasi aktif dalam pengawasan dan pengembangan pelayanan. Y1 - 2024/// ID - eprintsunpak8624 AV - public M1 - Skripsi A1 - Shalsabila, Dinnar A1 - H. Insani, Isep A1 - Susilawati K., Tuti ER -